PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEDERHANA GERAK PARABOLA (ALGAPA) PADA SISWA KELAS X SMA

Elsa Shabrina, Bayu Abdillah Novianto, Diah Ayu Lestari, Irnin Agustina Dwi Astuti

Abstract


This study aims to develop a simple teaching aid for parabolic motion material (ALGAPA) in class X SMA. This research is an R and D research which refers to the opinion of Sugiyono. The data collection instrument used in the form of a questionnaire given to material experts and practitioners to test the feasibility of simple parabolic motion props. The type of data produced is qualitative data which is analyzed by using the criteria for the assessment category to determine product quality. The results of this study, namely that a simple parabolic motion material in class X SMA has been developed which is suitable to be used as a learning medium and a tool for simple practicum with the results of the validation of material experts of 92.63% and expert practitioners of 86.36%.

Kata Kunci: Alat Peraga Fisika, Gerak Parabola, Penelitian R&D, Media Pembelajaran


References


Penelitian yang peneliti lakukan tidak terlepas dari karya hasil Duwita Sekar Indah (2014) pada skripsinya yang berjudul “Pengembangan Alat Peraga Sederhana Gerak Parabola Untuk Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Parabola”. Adapun referensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

Adawiah, Q. A., Khoiri, N., & Saptaningrum, E. (2016, June). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. In LONTAR PHYSICS FORUM (LPF) 2015.

Ahmad, Ian. 2018. “Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Serta Minat Belajar Siswa”. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fisika. Semarang:Universitas Negeri Semarang.

Alfiansyah, Kiki. 2019. “Pengembangan Aplikasi Smartphone KJPAI Berbasis Android Menggunakan Appyet Untuk Menunjang Sistem Informasi Jurusan Pendidikan Agama Islam”. Skripsi. Fakultas Tabriyah dan Keguruan. Pendidikan Agama Islam. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Anarani, Luthfi. 2018. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Rulung Raya Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Fakultas Tabriyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung.

Andriani, S. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Mayangan 6 kota probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(1), 101-118.

Apriliyanti, D. D., HAryani, S., & Widiyatmoko, A. (2015). Pengembangan alat peraga IPA Terpadu pada tema pemisahan campuran untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Unnes Science Education Journal, 4(2).

Azis, A., Yulianti, D., & Handayani, L. (2006). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan alat peraga sains fisika (materi tata surya) untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2).

Desy, D., Desnita, D., & Raihanati, R. (2015, October). Pengembangan alat peraga fisika materi gerak melingkar untuk SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).

Inawati, M. 2011. Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Pendidikan Penabur, No.16.

Khoiri, N., Rusilawati, A., Wiyanto, W., & Sulhadi, S. (2018). Mengajarkan Pemahaman Konsep Gerak Parabola Berbantuan Alat Peraga. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2).

Kustandi. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Laila, Z., Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2019). Penggunaan Alat Peraga Gerak Proyektil terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(1), 43-50.

Muri Yusuf, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan, (Jakarta: Pranamedia Group, 2014), hlm. 445.

Nasbey, H., Raharjo, G., & Razali, R. (2012, October). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN PELONTAR PROYEKTIL OTOMATIS. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 1, pp. 137-139)

Nur, Risa dan Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D (Research & Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekertaris Negara Republik Indonesia.

Purbaningsih, T. (2017). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2017. IAIN Metro.

Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam konsep sistem indera pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80.

Rosadi, K. I., & ZB, A. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KELAS VIII B DI MADRASAHTSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KOTA JAMBI (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Shiha, S. N. (2014). Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supardi U.S., dkk. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Formatif. ISSN 2088-351X. Vol. 2(1): 7.




DOI: https://doi.org/10.26418/jippf.v5i1.56679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By: 

        

Published By:

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JIPPF/index
email :jippf@untan.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.