ANALISIS PENGARUH AKTIVITAS DUTA BACA DALAM MENINGKATKAN CITRA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

shinta Dewi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis pengaruh kontribusi dari duta baca sebagai Brand Ambassador perpustakaan terhadap peningkatan citra perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan 100 reponden sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunask SPSS 23. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung variabel duta baca lebih besar dari nilai t tabel dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05 (0,000). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara duta baca dan citra perpustakaan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) persentasi kontribusi duta baca terhadap peningkatan citra perpustakaan UINSU Medan sebesar 80,3% sementara 19,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel independen lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Duta baca perpustakaan, Citra perpustakaan, Perpustakaan UINSU

                      

 

Abstract

 

This study aimed to analyze the effect of reading ambassadors’ contributions as library brand ambassadors on improving library image. The research method used was descriptive quantitative with 100 respondents as the sample. The data collection in this study was completed using questionnaires. Data analysis was performed using descriptive statistical techniques and simple linear regression with the help of SPSS 23 software. The t test results show that the t value of the reading ambassador variable is greater than the t table value with a significance level below 0.05 (0.000). This shows that there is a positive and significant relationship between reading ambassadors and library images. Based on the results of the coefficient of determination (R2) test, the percentage contribution of reading ambassadors to improving the image of the UINSU Medan library was 80.3%, while the remaining 19.7% was influenced by other independent variables that were not discussed in this study.

 

Keywords: Library Reading Ambassadors, Library image, UINSU Library


Full Text:

PDF

References


Asdam, B. (2015). Minat baca dan promosi perpustakaan sebagai sarana mendekatkan masyarakat pada perpustakaan. XIV(1), 32–37.

Nadafia, K. (2022). Masa depan perpustakaan seiring perkembangan revolusi industri 4.0 : mengevaluasi peranan pustakawan. Jurnal Informasi Dan Humas, 1(1).

Pane, S. F. (2020). Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online (M. D. F. Mohammad Zamzam (Ed.); 1st ed.). Kreatif Industri Nusantara.

perpustakaan Nasional RI. (2020). Buletin Perpustakaan Bung Karno: setiap hari ada matahari yang menjelma jadi energi hati (Hedriyanto (Ed.); XII, vol.). perpustakaan nasional RI.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quentitative Research Approach (1st ed.). Deepublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia. (2007).




DOI: https://doi.org/10.26418/jipka.v3i2.78935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) is published by Three Year Diploma of Library Department of Universitas Tanjungpura

Editor and Administration Address:
Three Year Diploma of Library Department
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Kampus 1 FKIP, Kel. Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124
email: jipka@untan.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.