ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA DI SMAN 3 KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Gustina Aisyah Tazun, Purwaka Purwaka, Fransiska Timoria Samosir

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang cepat sehingga kemampuan literasi digital sangat diperlukan terutama untuk anak yang berusia usia 13-17 tahun. Tujuan penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi digital siswa di SMAN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 86 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat literasi digital siswa pada dimensi teknologi (Techonological) memperoleh skor rata-rata 3,3 (tiga koma tiga) poin yang dikategorikan cukup baik. Kemudian, untuk dimensi kognitif (Cognitive) memperoleh skor rata-rata 3,5 (tiga koma lima) poin dikategorikan baik, dan dimensi etika (Ethical) memperoleh skor rata-rata 3,8 (tiga koma delapan) poin yang dikategorikan baik. Berdasarkan rekapitulasi hasil keseluruhan dapat dikatakan literasi digital siswa dikategorikan baik dengan score 3,5. Akan tetapi, terdapat beberapa indikator yang masuk dalam kategori kurang baik, yaitu indikator pada dimensi teknologi dan dimensi kognitif.

Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2010). Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian. Retrieved from file.upi.edu

Amalia, R. R. (2015). Literasi Digital Pelajar SMA : Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet. JURNAL STUDI PEMUDA, 4(1), 224–240. https://journal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/view/36733

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya :Airlangga University Press.

Calvani, A., Cartelli, A., & Ranieri, M. (2008). Models and Instruments for Assessing Digital Competence at School. Journal of E-Learning and Knowledge Society •, 4(3), 183–193. Retrieved from https://doi.org/10.20368/1971-8829/288

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Ilmu.

Nurbaiti. (2018). Analisis Literasi Digital Pemustaka pada Perpustakaan Universitas Negeri Medan .Universitas Sumatra Utara. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id./handle/123456789/10180

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wheeler, S. (2013). Digital literacies for engagement in emerging online cultures. ELC Researcj Paper Series, 5, 14–25. https://www.raco.cat/index.php/eLearn/article/view/272003/

Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian .Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.26418/jipka.v1i2.55365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) is published by Three Year Diploma of Library Department of Universitas Tanjungpura

Editor and Administration Address:
Three Year Diploma of Library Department
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Kampus 1 FKIP, Kel. Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124
email: jipka@untan.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.