PEMANFAATAN MEDIA PUSTAKA DIGITAL DALAM MEMBANGUN PERPUSTAKAAN DESA BERBASIS INKLUSI SOSIAL DI MASA PANDEMI

muhamad bisri mustofa, Mezan El Khaeri Kesuma, Irva Yunita, Eni Amaliah, Dwi Indri Rahmawati

Abstract


Perpustakaan merupakan lembaga yang menyimpan informasi, selain itu perpustakaan desa berbasis inklusi sosial juga dapat dikatakan sebagai lembaga yang membantu dalam proses pembangunan berkelanjutan. Selain itu, perpustakaan juga memiliki peran mencerdaskan anak bangsa, membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, dan berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia yang berilmu, kreatif dan inovatif. Namun baru-baru ini muncul virus yang sangat berbahaya yaitu covid 19 yang membatasi ruang gerak manusia. Untuk itu, perpustakaan desa berbasis inklusi sosial memanfaatkan media perpustakaan digital sebagai media untuk memelihara perpustakaan meski di tengah pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media perpustakaan berbasis digital seperti OPAC, Computer, dan SLIMS dapat membantu perpustakaan seperti mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan, lebih menghemat waktu dalam proses temu kembali informasi dan lain-lain. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media perpustakaan digital dapat membangun kembali perpustakaan setelah kemerosotan perpustakaan di awal pandemi.

Full Text:

PDF

References


A. Pribadi, Benny. Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Edisi 1, C. JAKARTA: kencana prenadamedia group, n.d.

Ahmadi, Muhammad Yusuf. “EFEKTIVITAS PENERAPAN OPAC ( ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE ) DALAM PELAYANAN PUBLIK DI PERPUSTAKAAN” 7, no. 2 (2019): 76–86.

Bisnis, D A N, and Universitas Mulawarman. “Sjaifuddin / JUPITER Volume XVII Nomor 2 Desember 2020 90” XVII (2020): 90–103.

Kemdikbud, pengelola web. “Sinau Daring Senayan Library Management System(SLIMS).” Kemendikbud. November 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/11/slims-9-bulian-inovasi-terbaru-bidang-perpustakaan.

Made, Ni, Lila Sri, Ni Putu, Premierita Haryanti, I Putu Suhartika, Fakultas Ilmu, Ilmu Politik, and Universitas Udayana. “Efektivitas Online Public Access Catalog ( OPAC ) Sebagai Sarana Penelusuran Sistem Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan Terpadu Politeknik Kesehatan Denpasar,” n.d., 1–8.

Mahrofi, Zubi. “No Title.” M. Antaranews.Com, 2021. https://m.antaranews.com/berita/2056378/dana-desa-dapat-untuk-kelola-perpustakaan-desa.

N.S, SUTARNO. Managemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. JAKARTA: SAGUNG SETO, 2006.

Nugraha, Fajar. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan.” Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan ITP 3, no. 1 (2014): 102–9.

Prasetyawan, Yanuar Yoga, and Patut Suharso. “Inklusi Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Perpustakaan Desa.” Acarya Pustaka 1, no. 1 (2015): 31–40. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/7146/4874.

Priyanto, Dwi. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer” 14, no. 1 (2009): 1–13.

Putera, Prakoso Bhairawa, and Muhammad Zulhamdani. “Pembangunan Masyarakat Melalui Penegakan Keadilan Sosial Terhadap Akses Ilmu Pengetahuan Menuju Knowledge Society.” Jurnal Kebijakan Pembangunan 15, no. 2 (2020): 191–202. https://doi.org/10.47441/jkp.v15i2.129.

Rachman, Rani Auliawati, Dadang Sugiana, and H Rohanda. “Strategi Sukses Transformasi Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Untuk Masyarakat Sejahtera ( Studi Pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar Membaca Malang ),” 2019, 907–18.

Rizzal Rosiyan, Nur, and Rahmadani Ningsih Maha. “Layanan Perpustakaan Di Era Pandemi Sebagai Implementasi Industri 4.0 : Studi Kasus Pddi Lipi.” Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi) 5, no. 2 (2020): 118–31. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/8366.

Setiawan, Farid, and Zalik Nuryana. “Students at the Centre of Learning : Revitalisasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Penguatan Core Intelektual” 2, no. 1 (2020): 38–45.

Suhendar, Yaya. Pedoman Katalogisasi: Cara Mudah Membuat Katalog Perpustakaan. Edisi ke 1. jakarta: kencana prenadamedia group, 2016.

Yantiningsih, Dewi, and Santoso. “Menciptakan Perpustakaan Sebagai Media Pembelajaran Yang Tenang Dan Nyaman ( Studi Di Perpustakaan STAIN Kudus ).” Jurnal Perpustakaan 3, no. 1 (2015).

Mustofa, M. B., Putri, M. C., Wuryan, S., & Rahmawati, D. I. (2021). AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 4(1), 89-102.

Mustofa, M. B., Silvia, I., & Basyori, A. (2021). PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM LINGKUP PERPUSTAKAAN MELALUI MODEL KONSELING LAYANAN PEMUSTAKA. Jurnal El-Pustaka, 2(1).

Mustofa, M. B., Wuryan, S., Sholiha, N. A., Arif, M. M., & Musa, M. (2021). KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI LINGKUNGAN ORGANISASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. KOMUNIKASIA: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 1(1), 56-68.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jipka.v1i1.51150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) is published by Three Year Diploma of Library Department of Universitas Tanjungpura

Editor and Administration Address:

Three Year Diploma of Library Department
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Kampus 1 FKIP, Kel. Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124