HUBUNGAN LAYANAN REFERENSI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN IAIN BATUSANGKAR

Devi Triana, Sri Wahyuni, Alimin Alimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka dan mengetahui seberapa besar pengaruh layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan IAIN Batusangkar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu: variabel bebas Layanan Referensi (X) dan Variabel terikat Kepuasan Pemustaka (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah populasi 12.413 mahasiswa, sehingga memperoleh 99 sampel. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment, terdapat hubungan signifikan secara positif antara layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan IAIN Batusangkar, hal ini terlihat dari besar nilai korelasi antara variabel layanan referensi (X) dan variabel kepuasan pemustaka (Y) memperoleh hasil sebesar 0,819 yang artinya memiliki hubungan signifikan positif antara layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka. Hal ini juga ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi sebesar 67,1% yang artinya kepuasan pemustaka dipengaruhi layanan referensi oleh sedangkan sisanya sebesar 32,9%  dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Selanjutnya hal ini juga dibuktikan oleh hasil regresi sederhana untuk variable (X) dan variabel (Y) Y = 197.884 + 0,000X. serta didukung dari hasil hasil pengujian analisis deskriptif menggunakan rumus Mean dan Grand Mean diperoleh hasil dari variabel (X) dikategorikan puas dengan nilai rata-rata 3,88. Sedangkan variabel (Y) dikategorikan puas dengan nilai rata-rata 4.


Full Text:

PDF

References


Achmad. 2012. Layanan Cinta: Perwujudan Layanan Prima ++ Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto.

Antasari, Indah Wijaya. 2018. Survei Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan IAIN Puswokerto. Jurnal Online, International Journal of Academic Librarianship, Vol. 2, (2018),diakses melalui http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/35&ved diakses pada tanggal 30 januari 2021 pukul 12:00 WIB.

Darwanto. 2015 Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Harmoko, Sapto. 2017. Analisis tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan di Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta. Jurnal JIPI Vol. 2 No. 2 (2017) dalam http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/download/1070/853&ved diakses minggu 22 november 2020.

Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Profesional: Dasar-Dasar Teori Perpustakaan dan Aplikasinya. Jakarta: Sagung Seto.

Rahayuningsih, Fransisca. 2015. Mengukur Kepuasan Pemustaka: Menggunakan Metode Libqual+ TM. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmah, Elva. 2018. Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sari, Rahmahidayati. 2018. Metodologi Penelitian. Bukittinggi: Suci Percatakan & photocopy.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.26418/jipka.v1i2.51135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) is published by Three Year Diploma of Library Department of Universitas Tanjungpura

Editor and Administration Address:
Three Year Diploma of Library Department
Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Kampus 1 FKIP, Kel. Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124
email: jipka@untan.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.