EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEB QUIZLET TERHADAP PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SECARA DARING DI KELAS 5 SD KATOLIK SANTO XAVERIUS

Minny Elisa Yanggah, Meilindah Gunawan

Abstract


Pada awal tahun 2020 munculnya COVID-19 yang awalnya tersebar di kota Wuhan, China kemudian tersebar sampai ke Indonesia. Sehingga seluruh proses belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara Daring. Proses pembelajaran online di SD Katolik Santo Xaverius mengalami kendala kurangnya penggunaan media pada saat pembelajaran. Seiring perkembangan zaman, sekarang teknologi sudah berkembang, sekarang sudah banyak media yang dapat digunakan untuk membantu suatu proses pembelajaran. Salah satunya yaitu, Quizlet. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa web Quizlet dapat dinyatakan efektif dikarenakan persentase hasil evaluasi siswa meningkat, nilai rata-rata siswa juga meningkat, dan respon siswa sangat positif.

Keywords


Efektivitas Pembelajaran; Media Pembelajaran; Quizlet

Full Text:

PDF

References


Hamida, N. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Lkpd Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal SMA Negeri 1 Tuban, edisi November, 58.

Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, Vol 2, No 1. doi:http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.4903.

Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak (anggota IKAPI).

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainuddin. (2019, September ). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan berbantuan media pembelajaran aplikasi kahoot. SIGMA, Volume 5, Nomor 1, 1-7.

Yulian, M., et. al. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori dan Penerapan.. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Yusuf, B. B. (2017). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, Vol. 1 No. 2, 19. Dipetik Februari 28, 2021, dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/25082/75676576424




DOI: https://doi.org/10.26418/jilin.v2i1.55330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Minny Elisa Yanggah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Abstracted/Indexed By: