The Impact of Utilizing Google Voice Assistant as A Media to Enhance Speaking Skills
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan Google Voice Assistant sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain pra-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2023-2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan kelas B2 sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 11 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbicara dengan melibatkan penggunaan asisten suara. Data penelitian berupa nilai tes berbicara mahasiswa pada pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa secara signifikan setelah menggunakan Google Voice Assistant. Hal ini menunjukkan bahwa Google Voice Assistant efektif sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa, khususnya penggunaan asisten suara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akkakoson, S. (2016). Speaking Anxiety in English Conversation Classrooms among Thai Students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 13(1), 63-82.
Chastain, K. (1998). Developing second language skills (2nd Ed.). Chicago: Harcourt Brace Publishers.
Hossain, M.I. (2015). Teaching Productive Skills to the Students: A Secondary Level Scenario. BRAC University. 1-83. http://hdl.handle.net/10361/7671
Kinsella, B. (2020, January 19). Google Assistant Actions Grew Quickly in Several Languages in 2019, Matched Alexa Growth in English from https://voicebot.ai/2020/01/19/google-assistant-actions-grew-quickly-in-several-languages-in-2019-match-alexa-growth-in-english
Neley-Barners, S. L. and L.-D. R. (2020). Evidence-Based Practice: An Integrative Approach to Research, Administration, and Practice: An Integrative Approach to Research, Administration, and Practice 3rd Edition (L. A. R. by Heather R. Hall, Ed.; 3rd ed.). Burlington, Mass. : Jones & Bartlett Learning.
Pakula, H.-M. (2019). Teaching speaking. Apples - Journal of Applied Language Studies, 13(1), 95–111. https://doi.org/10.17011/apples/urn.201903011691
Sarah. (2019, April 14). Can you use voice assistants to practise speaking English? Retrieved January 15, 2022 from https://oh-yeah-sarah.medium.com/can-you-use-voice-assistants-to-practise-speaking-english-f2cb679941ee
Tzu-Yu Tai & Howard Hao-Jan Chen. (2020). The impact of Google Assistant on adolescent EFL learners’ willingness to communicate. Sample Our Education Journals, 31, 2023(3), 1485–1502.
Underwood, J. (2017). Exploring AI language assistants with primary EFL students. In CALL in a climate of change: adapting to turbulent global conditions – short papers from EUROCALL 2017 (pp. 317–321). Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2017.eurocall2017.733
Underwood, J. (2021). Speaking to machines: motivating speaking through oral interaction with intelligent assistants. In Innovative language pedagogy report (pp. 127–132). Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2021.50.1247
DOI: https://doi.org/10.26418/jefle.v5i1.82919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.