ANALISIS KEMAMPUAN DAN KEMAUAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) (Di Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau)

AHMAD ZULFIKAR B2053151026

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya capaian realisasi penerimaan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBBP2) dan pengaruh kesadaran (X1), pengetahunan akan peraturan (X2) dan persepsi kondisi keuangan pribadi (X3) terhadap kemauan (Y) masyarakat dalam pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBBP2) baik itu secara parsial maupun secara simultan di Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Penelitian ini mengambil sampling 50 wajib pajak secara kuota di enam desa dan dua kelurahan dengan metode purvosive sampling yang diasumsikan dengan skala likert yang kemudian dengan pendekatan kuatitatif, uji kualitas data (uji realibilitas dan uji validitas) dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi) kemudian  disesuaikan dengan hipotesis untuk mengetahui pengaruh antar variabel melalui uji F (simultan), uji t (parsial) dan uji R2  .

Variabel kesadaran 0,000 < 0,05 berarti secara parsial kesadaran berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kemauan membayar pajak. Variabel pengetahuan 0,009 < 0,05 berarti secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kemauan membayar pajak. Variabel persepsi  kondisi keuangan pribadi 0,002 < 0,05 berarti secara parsial kondisi keuangan  pribadi berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kemauan membayar pajak dan seluruh variabel independen 0,000 < 0,05 secara simultan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap dependen (kemauan). Variabel independen mampu menjelaskan sebesar 96,1% sisanya sebesar 3,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.  

 

Kata Kunci : Kemauan, Kesadaran, Pengetahuan dan Persepsi Keuangan Pribadi.

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.