PELUANG PERILAKU OPORTUNISTIK PENYUSUN ANGGARAN PERUBAHAN PADA PEMERINTAH KABUPATEN SINTANG

YAHYA SUCAHYA B2052151020

Abstract


Penelitian ini berjudul Peluang Perilaku Oportunistik Penyusun Anggaran Perubahan pada Pemerintah Kabupaten Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Selisih Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dan Bagi Hasil Pajak Provinsi (BHPP) pada probabilita perilaku oportunistik penyusun anggaran  perubahan (POPA) Pemerintah Kabupaten Sintang. Data yang digunakan merupakan data sekunder APBD Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2001 sampai dengan Tahun Anggaran 2016. Pengujian dengan menggunakan Regresi Exact Logistic diperoleh PAD berpengaruh positif terhadap peluang perilaku oportunistik penyusun anggaran, sedangkan SiLPA dan BHPP tidak signifikan terhadap probabilita perilaku oportunistik penyusun anggaran perubahan pada level signifikansi 10%.

Signifikansi PAD terhadap probabilita POPA karena PAD fluktuasi pertumbuhannya dapat dipengaruhi oleh intervensi penyusun anggaran, selain itu besaran anggaran PAD ditentukan berdasarkan peraturan daerah dan pengelolaannyapun diserahkan kepada daerah berdasarkan potensi yang ada di daerah tersebut, sedangkan tidak signifikansinya SiLPA dan BHPP dikarenakan fluktuasi pertumbuhannya berdasarkan dari sisa tahun anggaran sebelumnya yang sebagian besar terdiri dari belanja yang dianggarkan kembali dan besaran BHPP ditransfer berdasarkan pertumbuhan pendapatan provinsi sehingga kedua variabel tersebut tidak dapat diintervensi oleh penyusun anggaran.

 

Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah (PAD), Selisih Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA), Bagi Hasil Pajak Provinsi (BHPP), perilaku oportunistik penyusun anggaran  perubahan (POPA)

Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.