ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL (BTPN) MIKRO DI KALIMANTAN BARAT

RIO LAKSAMAN B61108004

Abstract


Tesis ini berjudul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laba Bank Tabungan Pensiunan Nasional (Btpn) Mikro di Kalimantan Barat”, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi laba di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) UKM di Kalimantan Barat. Banyak factor yang mempengaruhi besar kecilnya laba dari suatu bank dan ini tergantung dari strategi bank tersebut dalam menjalankan operasionalnya sehingga selalu dalam status “sehat”, jika bank tersebut sehat maka kinerjanya akan dinilai baik, tetapi kalau sebaliknya maka akan dinilai sebagai bank yang berkinerja buruk. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kalimantan Barat dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) UKM Kalimantan Barat dan jenis data yang digunakan adalah timeseries yaitu data yang tersusun dari bulanan ke bulanan selama 5 tahun (tahun 2009 – 2013). Faktor-faktor yang berpengaruh kuat dalam pembentukan laba di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) UKM di Kalimantan Barat yaitu : Yield, COF, COC dan OPEX di Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) UKM di Kalimantan Barat.

Hasil yang dapat disimpulkan dari tulisan ini adalah secara simultan menunjukkan bahwa hasil hipotesis dengan uji f, H0 ditolak. Dimana hasil analisis sampel F hitung sebesar 20,534 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 (α = 5%) dan F tabelnya sebesar 2,543 ini menunjukan H0 (hipotesis riil) ditolak maka dapat disimpulkan yang secara keseluruhan atau simultan besarnya laba pada laporan keuangan yang dijelaskan oleh variable Yield, COF, COC dan OPEX berpengaruh secara signifikan terhadap laba pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Mikro di Kalimantan Barat.

Disadari bahwa laba suatu perusahaan ditentukan oleh factor-faktor internal dan factor eksternal. Untuk itu perlu dilakukan suatu studi lebih dalam mengenai masalah laba dengan factor-faktor lainnya yang juga menjadi penentu laba dari suatu perusahaan pada penelitian-penelitian yang akan dating, agar klhasanah keilmuan yang membahas mengenai factor-faktor yang menentukan laba bertambah.

Kata Kunci : Laba, Yield, COF, COC dan OPEX

Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.