Hubungan Tipe Kepribadian dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Kedokteran Tahun 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura
Abstract
Latar Belakang. Kepribadian merupakan keseluruhan pola tingkah laku yang aktual maupun pontensial individu yang ditentukan oleh faktor keturunan dan lingkungan. Kepribadian introvert dan ektrovert memunculkan respon yang berbeda dalam menghadapi situasi/lingkungan akademis. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan angka yang menunjukkan prestasi belajar mahasiswa kumulatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian introvert dan ekstrovert terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Kedokteran tahun angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Metodologi. Penelitian analitik cross sectional secara non-probability sampling pada 50 responden mahasiswa Program Studi Kedokteran angkatan 2016. Data diperoleh dari pengisian data diri, kuesioner Lie Minnessota Multiphasic Personality Inventory (L-MMPI), kuesioner Eysenck Personality Inventory-A (EPI-A), dan nilai IPK. Hasil. Nilai IPK sebagian besar (76%) pada rentang 2,75-3,50, dan 64% berkepribadian ekstrovert. Hubungan antara kedua variabel penelitian tidak bermakna (uji Kendall’s Tau-b = 0,172 > 0,05). Kesimpulan. Tidak terdapat hubungan bermakna antara tipe kepribadian dengan prestasi akademik mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Putri IP, Irawan S. Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Interaksi Sosial Karang Taruna Dukuh Klarisan Kelurahan Tanduk Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Mimbar Ilmu. 2019;24(1):91.
Santrock John W. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika. 2012.
Jung CG. Behavioral Sciences:The Development of Personality. New York; Routledge. 18 December 2014.
Rastafary Ni Luh Kade Nadia, Rustika I Made. Peran Self Regulated Learning dan Task Commitment terhadap Prestasi Akademik Remaja Akhir yang Kuliah dan Bekerja Paruh Waktu di Denpasar dan Badung. Jurnal Psikologi Udayana. 2019;6(2):1176
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Tanjungpura. Pedoman Akdemik Fakultas Kedokteran. Fakultas kedokteran. Pontianak. 2016;15.
Sidqiyah FL, Maslichah, M.Cholid Mawardi. Kecemasan Berkomputer dalam konteks Pendidikan Akuntansi: Hubungan Tipe Kepribadian, IPK, dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Riset. 2018;79.
Utaminingsih S dan Setyabudi Iman. Tipe Kepribadian dan Prokratinasi Akademik pada Siswa SMA “X” Tangerang. Jurnal Psikologi. 2012:10(1);56.
Fauzia AZ, Maslihah S, Ihsan. Pengaruh Tipe Kepribadian terhadap Self-Disclosure pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram di kota Bandung. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi.2019:3(3);153-4.
Seidman, G. Self-Presentation and Belonging on Facebook: How Personality influences social media use and motivations. Personality and Individual differences. 2013:54, 402-7.
Cahyaning S, Cahyono A. Perbedaan communication privacy management di media sosial twitter pada remaja dengan tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 2015:4(1);65-70.
Zola Nimla. Ilyas Asmidir, dan Yusri. Karakteristik Anak Bungsu. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 2017:5(3);109-114.
Nadia. Kompetensi Interpersonal Remaja berdasarkan Urutan Kelahiran. Skripsi. 2017;3-8.
Tenas Effendy. Sifat-sifat Utama Pemimpin Melayu. Pekanbaru: Lembaga Adat Melayu Riau; 2013.
Annafi MY. Profil Kepribadian Etnis Tinghoa Sukses di Kota Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta: 2012.
Alfian Muhammad. Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Suku Jawa, Suku Banjar dan Suku Bima. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 2014; Vol. (2): 263-275.
Audina Mirantika. Gambaran Kepribadian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura. 2018:4(1);11-13.
Suharsono JT, Fitriyani Aris, dan Upoyo AS. Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhdap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah di TK Pratiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman. 2014:4(3);114.
Angraini, Hartuti P, dan Sholihah. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. 2017:1(1);12-3.
Longkutoy N, Johosua Sinolungun, dan Henry Opod. Hubungan Pola Asuh Orangua dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Jurnal e-Biomedik. 2015:3(1);97-8.
Loren Yosep Andrianu, Wilson, dan Muhammad Ibnu Kahtan. Hubungan kepribadian Introvert dan Ekstrovert dan Tingkat Kecemasan pada Siswa Kelas XII dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Kesehatan Khatulistiwa. Januari 2016;2(1):305-312.
Ramlan P dan Nikmat Rifni. Pendekatan Manajemen Strategik dalam meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PMK-K). Jurnal Moderat. 2019:5(3);242.
Yulisetyaningrum, Indanah, dan Andriyani S. Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan Orang Tua dengan Perilaku Agresif pada Anak Usia Sekolah Di MI Muhammadiyah 2 Kudus. URECOL. 2018;402.
Eryanto H dan Rika D. Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 2013:1(1);52.
Howart E. A Psychometric Investigation of Eysenck's Personality Inventory. Journal of Personality Assessment. 1976; 40(2):173.
Ratnawati F, Adriana, Herman. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksaan Metode Seven Jump pada Problem Based Learning terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Program Studi Keperawatan. Jurnal ProNers.2018;2.
Permatasari TO dan Uswatun Khasanah. Analisis Hasil Belajar PBL Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua, dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. 2019;5(3):7.
Fitri AD. Penerapan Problem Based Learning dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jambi Medical Journal. 2016;4(1):97.
Safitri AE, Sulistiawati, dan Rachim Eva. Hubungan Intelegensi dan Kepribadian dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas di Mulawarman. Motiva: Jurnal Psikoloigi. 2019;2(2):1-7.
Ciorbea I, Pasarica F. The Study of the Relationship Between Personality and Academic Performance. SciVerse ScienceDirect. 2013;78:400-4.
Rahman AB. Hubungan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dengan Prestasi Belajar Mahasiswa FK UII Angkatan 2013. Karya Tulis Ilmiah. 2016; 27.
Tarmidzi DS. Hubungan Tipe Kepribadian Introvert dan Introvert dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia Program S1 Reguler. Universitas Indonesia. Skripsi. 2012;60.
Suryawan I Made Yuda. Keefektifan Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Pencapaian Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan. Maret 2019;4(1):36.
DOI: https://doi.org/10.26418/jc.v8i3.54268
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Cerebellum is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.