Gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura mengenai pola asuh orang tua pada anak

Nadya Darapane, Iit Fitrianingrum, Sari Eka Pratiwi

Abstract


Latar belakang: Pola asuh orang tua terhadap anak sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Mahasiswa kedokteran telah dibekali dengan konsep pola asuh yang baik terhadap anak yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada orang tua mengenai konsep pola asuh, misalnya pola asuh gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak mengenai pola asuh. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pada 107 mahasiswa. Hasil: Distribusi proporsi responden yang paling banyak dalam penelitian ini adalah jenis kelamin perempuan (52,3%), usia remaja akhir (83,2%), tahun angkatan 2014 (35,5%), lulus preklinik dengan IPK memuaskan (78,5%), dan berasal dari Pulau Kalimantan (95,3%). Responden dalam penelitian ini sebagian besar memiliki pengetahuan baik (51%). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura periode 2019/2020 mengenai pola asuh adalah baik.

Keywords


mahasiswa kepaniteraan klinik;pengetahuan;pola asuh

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. Hasil pemantauan status gizi (PSG) dan penjelasannya. Jakarta: Kementerian kesehatan RI; 2017. p.4-10.

Kementerian Kesehatan RI. Profil kesehatan indonesia tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2019. p.153.

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar kompetensi dokter indonesia. Jakarta: KKI; 2012. p.6.

Rahayu P. Pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa FKUI tentang gizi kurang pada tahun 2011 serta faktor-faktor yang berhubungan [skripsi]. Jakarta: FK UI; 2012.

Karina K, Hastuti D, Alfiasari A. Perilaku bullying dan karakter remaja serta kaitannya dengan karakteristik keluarga dan peer group. J Ilmu Keluarga & Konsumen. 2013; 6(1):20-9.

Siregar IH. Pengetahuan mahasiswa kepaniteraan klinik tentang kesalahan dan kegagalan pembuatan radiografi intraoral pada Fakultas Kedokteraan Gigi di salah satu universitas di Jawa Barat [skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2013.

Suranadi IW. Tingkat pengetahuan tentang bantuan hidup dasar (BHD) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana [skripsi]. Denpasar : Universitas Udayana; 2017.

Julianto V. Meningkatkan memori jangka pendek dengan karawitan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi. 2017;2(2):137-47.

Irman MF. Analisis pengaruh jenis kelamin, IPK, dan pengalaman kerja terhadap tingkat financial literacy. Journal of Economic, Business and Accounting. 2018; 2(1):41-56.

Kurniati A. Kontribusi pola asuh orang tua dalam pendidikan karakter anak (studi kasus di Dusun Tempurau Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing). J Pendidikan Dasar Perkhasa. 2016;2(2):212-20.

Loren, Jeff. Gambaran pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara terhadap rokok [skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara; 2010.

Masturoh I, Anggita NT. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018. p.57.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jc.v6i3.45312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Cerebellum is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats