MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIDEO DI KELAS VII A SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bistari. (2015). Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak: Ekadaya Multi Inovasi.
Esminarto., Sukowati., Nur, S., Khoirul, A. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual. 1 (1) : 20-27. (Online). (http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved= 2ahUKEwigluvPlvDkAhXXZCsKHV5Co8QFjABegQIBRAC&url=http%3a%2F%2Fjurnal.unublintar.ac.id%2Findex.php%2Fbriliant%2Farticle%2Fdownload%2F252F2&usg=AovVaw16HxImKUP2rXoCZ9nFVnlB, diakses tanggal 21 April 2019).
Husain & Muchlis. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Bagian-Bagian Tumbuhan) Dengan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Kelas IV SDK Padat Karya. Jurnal Kreatif Tadulako 4 (5) : 123-124.(Online)https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKewjygJi9r6_mAhXDV3wKHaw_DE0QFjABegQIBRAC&url=https%3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F108212-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-ma.pdf&usg=AOvVaw0hKhN_-iM5-GD00PT77HOQ, diakses tanggal 11 Desember 2019).
Jihad & Abdul. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Kustandi & Bambang. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Marliyah (2010). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkrit Pada Siswa Kelas IA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancaran. 3 (4) : 152-162. (Online (https://www.google. com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=2ahUKEwjygJi9r6_mAhXDV3wKHaw_DE0QFjAEegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fjurnal.unej.ac.id%2Findex.php%2Fpancaran%2Farticle%2Fdownload%2F997%2F799%2F&usg=AOvVaw2u4uQWm33567xQJBr11IdZ, diakses tanggal 11 Desember 2019).
Medianty, Amrul & Elvinawati. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 2 (1) : 58-65. (Online) (https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwii1cy23 PDkAhUbiHAKHTiXBPkQFjAAegQIAhAC&url=https%3A%2F%2Fejournal.unib.ac.id%2Findex.php%2Falotropjurnal%2Farticle%2Fdownload%2F4689%2F2575&usg=AOvVaw2xbzZglVZ2cwDskaNJObYq, diakses tanggal 21 april 2019).
Muslich. (2013). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.
Riyadi, Meti & Bowo. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X-F SMA Negeri 1 Tangen Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Bio-Pedagogi. 4 (1) : 36-39. (Online)(https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view /5360, diakses tanggal 22 maret 2019).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. (2014). Cooperative Learning. Celeban Timur : Pustaka Belajar.
Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H.B., Lamatenggo,N., Koni, S.MA. (2014). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Widodo & Lusi, (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. XVII (49) : 37-40. (Online) (https://jurnal.ugm.ac.id /jfi/article/view/24410, diakses tanggal 18 april 2019).
Wiratno, A,T. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V dengan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division). Jurnal Education. 2 (1) : 45-51. (Online) (http://jurnal.iicet.org /index.php/j-edu/article/view/31, diakses tanggal 23 April 2019).
DOI: https://doi.org/10.26418/edunaturalia.v1i1.42971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
This work is licensed under CC BY-NC 4.0