PENGUATAN KARAKTER SISWA PERBATASAN MELALUI INTERNALISASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan studi pengembangan desain model pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal guna menguatkan karakter siswa Sekolah Menengah Pertama. Penguatan karakter anak dengan menginternalisasikan nilai kearifan lokal yang unggul dari sisi “intellectual development, Spiritual and emotional development, Physical and kinesthetic development, dan Affective and Creativity development”, sehingga dapat menjadi anak yang berkarakter melalui pembelajaran matematika. Tujuan tersebut dicapai dalam beberapa tahap. Tahap pertama, yaitu mengeksplor nilai karakter sesuai kondisi nyata di lapangan. Pemaparannya dengan pendekatan kualitatif didukung oleh data tertulis maupun data hasil wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket; Tahap kedua, yaitu tahap pengembangan, perancangan, dan uji coba dalam lingkup terbatas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan komponen uji coba produk. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang saling melengkapi. Nilai kearifan lokal berasal dari produk budaya dan hasta karya, berfungsi sebagai media dalam proses pembelajaran yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal tersebut, belum dipergunakan secara maksimal oleh guru SMP. Pengimplementasian desain model pembelajaran matematika ini dapat melatih cara berpikir dan bernalar siswa dalam menarik kesimpulan, mengembangkan aktivitas kreatif siswa yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, rasa ingin tahu, membuat prediksi, serta mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan menyampaikan informasi atau gagasan.
Keywords: Desain Model Pembelajaran Matematika, Nilai Kearifan Lokal, Karakter Siswa
Full Text:
PDFReferences
Aif Rachman (2015). Guru Berdasarkan Catatan Ukim Komarudin, Penerbit Erlangga.
Borg, W.R. & Gall, D. M. (1989). Educational Reasearch: Introduction. New York: Longman.
Chairif E. (2012) Peranan Bahasa Melayu dalam Membangun Karakter Bangsa, Bahan Seminar Nasional di Hotel Aston Pontianak Tgl 5-6 Juni 2012
Junaidi dan M. Asikin. (2012). Pengembangan pembelajaran Matematika Humanistik untuk Meningkatkan Kemahiran Matematis, Unnes Journal of Mafhematicts Educatioan Research. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer. [on-line, diakses 10 Mei 2013].
Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta
. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Jakarta.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Simon & Schuster, inc.
Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Phil Yanuar Kiram. (2012). Profesi Pendidik Seutuhnya dalam Perseptif Penyiapan Manusia Indonesia Generasi 2045. Materi Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VII 2012 di Yogyakarta Tgl 31 Oktober – 3 November 2012. Penerbit: UNY Press.
Robert Sibarani. (2013). The character building based on local wisdom. http://www.museum.pusaka-nias.org/2013/02/pembentukan-karakter-berbasis-kearifan. html [on-line diunduh 29 April 2013 ].
Sartini. (2004). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati, Jurnal Filsafat, UGM, Edisi Bulan Agustus 2004, Jilid 37, Nomor 2
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Albeta.
Yulis J., dkk (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Humanis Sederhana Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Mahapeserta didik Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak. Laporan Penelitian.
Ahmad S. (2010). Konsep Pendidikan Karakter. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com., [On-line diunduh 23 Januari 2012]
Materi Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ja.v1i2.43306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.