Author Guidelines
Penulis harus menyerahkan makalah yang telah diperiksa dengan hati-hati dan teliti. Naskah yang dapat diterima dengan pengertian bahwa naskah tersebut adalah versi asli. Sebelum pengiriman harap pastikan bahwa makalah sudah sesuai dengan template Jurnal AlphaEuclidEdu. Penulis harus merujuk ke template Jurnal AlphaEuclidEdu untuk format dan gaya penulisan (Silakan unduh dan gunakan sebagai template untuk pengiriman naskah awal). Ini akan memastikan pemrosesan dan publikasi yang lebih cepat. Makalah apa pun yang tidak memenuhi persyaratan berdasarkan pedoman kepada penulis tidak akan diproses. Artikel penelitian yang dikirimkan ke jurnal online ini akan di-review setidaknya 2 (dua) reviewer. Artikel penelitian yang diterima akan tersedia online setelah proses peer-review jurnal.
Biaya yang dikenakan untuk proses penerbitan di Jurnal AlphaEuclidEdu adalah sebagai berikut :
Pengiriman Artikel : Rp. 0,-
Proses Review : Rp. 0,-
Publikasi online + Hardcopy (1 buku) : IDR 150.000,-
Mempercepat proses Review Artikel (Fast Track Review): Rp. 0,-
Percepatan proses review artikel dimaksudkan untuk mendapatkan jaminan kepastian informasi dari editor terhadap artikel yang dikirimkan maksimal dalam 4 minggu (1 bulan). Jaminan kepastian informasi adalah informasi terhadap keputusan awal dari artikel berdasarkan masukan dari para reviewer. Setelah author memperbaiki artikelnya berdasarkan hasil review, maka author akan medapat keputusan diterima atau tidak artikelnya dalam waktu maksimal 8 minggu (2 bulan).
Jika menghendaki Fast Track Review mohon mengirimkan informasi ke email alphaeuclidedu@fkip.untan.ac.id paling lambat 3 hari setelah submit.
Email berisi :
- judul artikel,
- nama semua penulis, dan
- ID paper,
dengan subject email : Fast Track Review.
Kerangka Artikel |
Kerangka Artikel terdiri dari : Judul, Abstrak, 1. Pendahuluan, 2. Metode, 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih Daftar Pustaka Judul Penelitian
Judul harus ringkas dan informatif, menggambarkan hasil penelitian dan variabel-variabel, serta hubungan antara variabel tersebut bisa dilihat dalam judul tersebut. Judul artikel hendaknya paling banyak 15 kata. Abstrak Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, berisi uraian singkat pentingnya penelitian, tujuan penelitian, metodologi, hasil utama dan kesimpulan. Abstrak berisi ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pembaca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching). Dibawah paragraf abstrak dicantumkan Keywords (kata kunci) maksimal 6 kata kunci. Kata kunci yang ditulis haraus khusus dan yang sering dipakai dalam artikel. Kata kunci akan digunakan untuk keperluan pengindeksan. Pendahuluan Bagian ini berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan, dan organisasi penulisan. Adapun penulisannya tidak memakai sub judul (sub-heading). Metode Bagian ini memuat langkah-langkah peneliti dalam melakukan penelitian, disajikan secara lengkap namun padat. Kalau melakukan pendataan harus dijelaskan mulai dari metoda pengambilan sampel sampai dengan teknik analisis. Pada bagian ini dapat ditambahkan bagian kerangka teori yang akan dibahas sebagai landasan teori yang akan digunakan pada metodologi untuk menghasilkan temuan sebagai hasil. Hasil dan Pembahasan Hasil dan pembahasan diungkapkan dengan padat dan jelas kerangka keilmuan yang diperoleh, bukan merupakan barisan tabel data atau gambar. Kesimpulan Bagian ini merupakan penutup artikel. Simpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. Implikasi dan keterbatasan penelitian juga disajikan dalam bentuk paragraf. Ucapan Terima Kasih Sekiranya diperlukan, dapat dituliskan ucapan terima kasih yang merupakan bentuk apresiasi adanya kontribusi dari perorangan maupun lembaga yang tidak bisa masuk sebagai penulis. Misalnya pemberi dana penelitian yang terkait dengan publikasi ini. Daftar Pustaka Semua kutipan dan rujukan yang digunakan oleh penulis harus disajikan dalam bagian ini secara konsisten dengan tulisan, gambar atau tabel yang dikutip. Daftar Pustaka ditulis secara berurutan menurut urutan kemunculan pada paper. Para penulis yang dirujuk sesuai pada daftar pustaka yang diberikan. Contoh penulisan diberikan pada Pedoman Penulisan Jurnal AlphaEuclidEdu. |
Periksa Sebelum Submit |
Kami mohon penulis sedapatnya memeriksa kembali hal-hal berikut ini sebelum mengirimkan manuskrip untuk diterbitkan. - Apakah manuskrip sudah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar?
- Apakah manuskrip yang ditulis telah sesuai dengan format Jurnal AlphaEuclidEdu? Dalam bagian ini, tidak harus tulisan tersebut sama persis dengan detail format yang ada pada Jurnal AlphaEuclidEdu. Namun usahakan sebisa mungkin mengikuti aturan format yang disediakan minimal 5 halaman termasuk referensi.
- Apakah judul dan abstrak Anda ditulis dengan benar? Judul artikel dalam terbitan berkala ilmiah harus mencerminkan inti dari isi tulisan, spesifik, dan efektif yang diukur dari kelugasan penulisannya dan keinformatifannya. Judul tulisan maksimal 30 kata, tanpa Akronim atau singkatan. Sedangkan bagian Abstrak (100-200 kata) harus informatif dan mendeskripsikan secara jelas (tidak ada kutipan secara abstrak), berisi latar belakang singkat atau problem statment, tujuan penelitian, metode singkat (lokasi tidak perlu di abstrak), hasil penelitian singkat (Findings), dan implikasi singkat.
- Penulis dapat menggambarkan penjelasan masalah yang sudah ada (tercantum dalam Referensi) di bagian pendahuluan untuk memenuhi kriteria jurnal ilmiah yang memperkenalkan setiap hal baru, peningkatan, dll dari pengerjaan penelitian tersebut sebelum masalah pemecahan dilakukan atau diusulkan oleh penulis sebagai kontribusi yang signifikan.
- Hasil penelitian dan analisis TIDAK disajikan secara ringkas, tapi dipaparkan sejelas-jelasnya. Peningkatkan kualitas analisis dapat dilakukan dengan menyajikan perbandingan antara kinerja penelitian Anda dan penelitian lainnya. Hal ini sangat penting untuk membuktikan bahwa penelitian Anda memiliki nilai yang signifikan dan tidak terlalu sederhana.
- Pastikan Naskah yang ditulis menggunakan minimal 15 referensi. 70-80% referensi yang digunakan adalah dari penelitian di 10 tahun terakhir.
- Apa kemungkinan yang dimaksud dari kutipan naskah Anda? Perlu diperhatikan segera bahwa kemampuan teknis Anda akan dievaluasi berdasarkan jumlah kutipan bukan didasarkan pada jumlah makalah yang diterbitkan. Oleh karena itu, penelitian Anda ini harus sangat jelas menggambarkan prestasi Anda sehingga orang lain dapat memahami kontribusi nyata yang Anda hasilkan.
- Apakah naskah itu ditulis dengan jelas? Apakah artikel menarik? Apakah penjelasan isi penelitian mengalir dengan baik dari satu bagian ke bagian lain ? Diharapkan Anda dapat membuat naskah yang ditulis pada konteks yang tepat. Tulisan harus mudah dipahami oleh para ahli yang berkualifikasi, tetapi di satu sisi hindari penggambaran fakta yang umum atau biasa (menggunakan referensi yang tepat sebagai gantinya). Seringkali naskah menerima ulasan negatif karena reviewer tidak mampu memahami naskah secara singkat dan ini adalah kesalahan penulis (bukan reviewer). Mohon diperhatikan jika reviewer mengalami kesulitan, maka pembaca lainnya juga akan menghadapi masalah yang sama dan sehingga naskah tidak dapat diterbitkan.
- Apakah Anda memiliki cukup referensi? Kami mengharapkan Minimal 80% referensi utama adalah makalah yang berasal dari jurnal naional terakreditasi dan jurnal internasional beruputasi(SCOPUS, WOS, dan ESCI . Kutipan dari buku sudah sangat minimal digunakan dan tidak ada kutipan dari halaman web. Semua makalah dikutip harus dirujuk dalam teks naskah.Setiap kutipan harus ditulis sesuai urutan penampilannya dalam teks.
Mohon jangan submit naskah anda jika berupa artikel yang : - tidak ada aspek-aspek saintifiknya
- tidak ada novelty atau kebaruannya atau orisinalitasnya
- sudah usang/basi
- merupakan duplikasi dari penelitian/artikel sebelumnya atau PLAGIAT
- berisi simpulan yang tidak benar
|
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
Publication Ethics
Publication decisions
The editor is responsible for deciding which of the articles submitted to the journal should be published.
The editor may be guided by the policies of the journal's editorial board and constrained by such legal requirements as shall then be in force regarding libel, copyright infringement and plagiarism. The editor may confer with other editors or reviewers in making this decision.
Fair play
An editor at any time evaluate manuscripts for their intellectual content without regard to race, gender, sexual orientation, religious belief, ethnic origin, citizenship, or political philosophy of the authors.
Confidentiality
The editor and any editorial staff must not disclose any information about a submitted manuscript to anyone other than the corresponding author, reviewers, potential reviewers, other editorial advisers, and the publisher, as appropriate.
Disclosure and conflicts of interest
Unpublished materials disclosed in a submitted manuscript must not be used in an editor's own research without the express written consent of the author.
Duties of Reviewers
Contribution to Editorial Decisions
Peer review assists the editor in making editorial decisions and through the editorial communications with the author may also assist the author in improving the paper.
Promptness
Any selected referee who feels unqualified to review the research reported in a manuscript or knows that its prompt review will be impossible should notify the editor and excuse himself from the review process.
Confidentiality
Any manuscripts received for review must be treated as confidential documents. They must not be shown to or discussed with others except as authorized by the editor.
Standards of Objectivity
Reviews should be conducted objectively. Personal criticism of the author is inappropriate. Referees should express their views clearly with supporting arguments.
Acknowledgement of Sources
Reviewers should identify relevant published work that has not been cited by the authors. Any statement that an observation, derivation, or argument had been previously reported should be accompanied by the relevant citation. A reviewer should also call to the editor's attention any substantial similarity or overlap between the manuscript under consideration and any other published paper of which they have personal knowledge.
Disclosure and Conflict of Interest
Privileged information or ideas obtained through peer review must be kept confidential and not used for personal advantage. Reviewers should not consider manuscripts in which they have conflicts of interest resulting from competitive, collaborative, or other relationships or connections with any of the authors, companies, or institutions connected to the papers.
Duties of Authors
Reporting standards
Authors of reports of original research should present an accurate account of the work performed as well as an objective discussion of its significance. Underlying data should be represented accurately in the paper. A paper should contain sufficient detail and references to permit others to replicate the work. Fraudulent or knowingly inaccurate statements constitute unethical behavior and are unacceptable.
Originality and Plagiarism
The authors should ensure that they have written entirely original works, and if the authors have used the work and/or words of others that this has been appropriately cited or quoted.
Multiple, Redundant or Concurrent Publication
An author should not in general publish manuscripts describing essentially the same research in more than one journal or primary publication. Submitting the same manuscript to more than one journal concurrently constitutes unethical publishing behaviour and is unacceptable.
Acknowledgement of Sources
Proper acknowledgment of the work of others must always be given. Authors should cite publications that have been influential in determining the nature of the reported work.
Authorship of the Paper
Authorship should be limited to those who have made a significant contribution to the conception, design, execution, or interpretation of the reported study. All those who have made significant contributions should be listed as co-authors. Where there are others who have participated in certain substantive aspects of the research project, they should be acknowledged or listed as contributors.
The corresponding author should ensure that all appropriate co-authors and no inappropriate co-authors are included on the paper, and that all co-authors have seen and approved the final version of the paper and have agreed to its submission for publication.
Disclosure and Conflicts of Interest
All authors should disclose in their manuscript any financial or other substantive conflict of interest that might be construed to influence the results or interpretation of their manuscript. All sources of financial support for the project should be disclosed.
Fundamental errors in published works
When an author discovers a significant error or inaccuracy in his/her own published work, it is the author’s obligation to promptly notify the journal editor or publisher and cooperate with the editor to retract or correct the paper.