INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN SOSIAL MAHASISWA PADA PERKULIAHAN STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI

Hasruddin, Muhammad Yusuf Nasution, Salwa Rezeki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kecakapan sosial mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada perkuliahan Strategi Belajar Mengajar Biologi.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi berjumlah 40 orang, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kecakapan sosial diperoleh melalui angket dan dianalisis dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kecakapan sosial mahasiswa sebesar 22,5%dari siklus I ke siklus II pada pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Biologi dengan menerapkan pembelajaran kontekstual.

Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Kecakapan Sosial, Strategi Belajar Mengajar Biologi.


Full Text:

HAL : 47-56 (PDF)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.