IMPLEMENTASI BUKU AJAR FISIKA BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA KELAS XI SEMESTER 1 DI SMA KOTA PADANG

Yenni Darvina, Masril Masril, Murtiani Murtiani

Abstract


Implementasi pendidikan karakter di sekolah dilaksanakan secara terintegrasi melalui proses pembelajaran. Agar pelaksanaannya lebih optimal, harus ditunjang oleh perangkat pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter.  Namun kenyataannya di sekolah perangkat pembelajaran yang ada belum optimal, terutama dalam bentuk buku ajar yang bermuatan nilai-nilai karakter. Oleh sebab itu perlu adanya buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Untuk menghasilkan buku ajar yang berkualitas  maka  dilakukan penelitian Pengembangan model 4-D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dessiminate). Sebelum dilaksanakan tahap akhir berupa penyebaran, terlebih dahulu dilakukan uji validitas oleh validator. Setelah diperoleh Buku ajar yang valid selanjutnya dilakukan uji terbatas terhadap produk Buku ajar bermuatan nilai-nilai karakter yang dibuat, sehingga diperoleh efektifitas dan praktikalitasnya. Uji terbatas dilakukan dengan statistik one group pretest-postest design. Untuk mengetahui  efektifitasnya digunakan tes Hasil Belajar yang diberikan 2 kali yaitu sebelum uji terbatas (pretest) dan setelah uji terbatas (Postest). Praktikalitas buku ajar diperoleh dari angket yang disebarkan pada guru yang terpilih sebagai sampel. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai praktikalitas 86,1 (kategori sangat baik) dan rata-rata nilai efektifitasnya 61,74 % (kategori berpengaruh kuat).

Katakunci: nilai karakter, bahan ajar, penelitian pengembangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.