PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

  1. Artikel untuk diterbitkan dalam Jurnal Pedon Tropika adalah hasil penelitian dalam bidang ilmu tanah (fisika dan konservasi tanah, mineralogy, kimia dan kesuburan tanah, biologi dan bioteknologi tanah, genesis dan klasifikasi tanah, survey tanah, dan evaluasi lahan) dan sumber daya lahan (pengembangan wilayah, pengelolaan lingkungan, rehabilitasi dan mitigasi kerusakan lahan)   yang berorientasi pada wilayah tropika.
  2. Artikel harus tersusun atas Judul (singkat dan menggambarkan isi, ditulis dalam Bahasa Indonesia), abstrak (tidak lebih dari 300 kata dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang secara ringkas memaparkan tujuan, metode, hasil penelitian dan simpulan dengan kata kunci dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang disusun secara alfabetik), Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Ucapan Terima Kasih (bila ada), serta Daftar Pustaka (disusun dengan system nama dan tahun) secara alfabetik. Pustaka yang digunakan sebaiknya terbitan lima tahun terakhir.

Contoh penulisan Daftar Pustaka:

Buku :

  Tan, K. H. 1996. Soil Sampling, Preparation, And Analysis. Marcel Dekker Inc.

          New York. 408 p.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

  Martani, E. and M. Seto. 1991. Degradation Of 2,4 Dechlorophenol In The Microbial

          Community Of Groundwater Sample By Bacterial Isolate E-6. J. Pest. Sci. 4:317-318.

Pustaka yang diakses dari internet:

  DeClerecq, D.R. and J.K. Daun. 2001. Quality of western Canadian mustard, 2001.

          Canadian Grain Commision. Winnipeg. Man. Available online at:

          http://www/cgc.ca/QUality/grlreports/Mustard/2001/mustard 2001-e.pdf, 7 April 2002.

  1. Tabel disusun dengan cara yang benar (Dalam Ms. Word dengan menu Table-Insert Table) serta dibuat terbuka (tanpa garis vertikal). Gambar harus asli (bukan fotocopy), dapat tinta hitam atau berwarna. Angka dan huruf keterangan gambar dan isi tabel menggunakan huruf bertipe Times New Roman berukuran 10.
  2. Seluruh data kualitatif hendaknya disajikan dengan menggunakan satuan internasional (SI Units). Penulisan spesies hewan, tanaman, dan spesies kimia hendaknya mengikuti tatacara penulisan internasional.
  3. Artikel dibuat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, diketik dengan Ms. Word dengan spasi 1, marjin kiri-atas-bawah 3 cm, dan marjin kanan 2 cm, dengan huruf Times New Roman 12, pada ukuran kertas A4, paling banyak 10 halaman termasuk gambar, tabel, dan lampiran. Halaman paling depan harus berisi nama penulis, alamat penulis dan email, judul pelari (running title) dan jumlah halaman makalah.
  4. Artikel dikirim pada Dewan Redaksi. Makalah akan dinilai secara bebas oleh Mitra Bestari sesuai bidang kajiannya. Hasil telaahan akan dikembalikan pada penulis untuk bahan perbaikan selambat-lambatnya 2 bulan bila makalah tersebut layak terbit atau harus melalui telaahan ulang. Penulis harus menjelaskan dipakai atau tidaknya saran penelaah dan menjelaskan alasannya dalam surat pengantar yang menyertai makalah yang diperbaiki.