MULTI LEVEL MARKETING DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI ISLAM
Abstract
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Multi Level Marketing dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Multi Level Marketing yang ada dapat dikatakan telah sesuai dengan ketentuan Hukum Ekonomi Islam, apabila mendapatkan sertifikasi dari DSN MUI Pusat, yaitu terpenuhi 12 (dua belas) kriteria yang ada dalam syarat pengeluaran sertifikat tersebut, memiliki Dewan Pengawas Syariah di setiap perusahaan yang bergerak dalam bisnis Multi Level Marketing, tidak terdapat 5 unsur yang dilarang yaitu: Money Game, Member get Member, Binary atau Trinary, Skema, Piramida Bonus (skema Ponzi), Bonus berbasis Recruitment.
Perbedaan Multi Level Marketing Konvensional dengan Multi Level Marketing Syariah yang sesuai dengan Kaidah - kaidah dalam ekonomi Islam dapat dilihat dari, kepemilikan perusahaannya seluruhnya muslim, visi, misi dan orientasi perusahaannya harus jelas dan berpihak pada pemberdayaan umat Islam. Legalitas dan Supervisi mencakup hal-hal berikut ini, punya sertifikat APLI, punya sertifikat DSN MUI Pusat, ada DPS intra corporate untuk supervisi syariah. Produknya kehalalan dan manfaatnya wajib halal dan jelas bermanfaat (Thoyib), Jelas ada produknya (riil), kewajaran harga sesuai kualitasnya. sistem pemasarannya harus adil dan terbuka, biaya dan syarat bergabung harus murah/tidak memberatkan dan tidak harus membeli produk, harga produk wajar tidak ada over/excessive price, tidak ada pemaksaan dalam belanja, berbasis pada penjualan (murni transaksi jual beli), sumber hadiah yang berupa reward dan promo tidak berasal dari poin produk, mendapatkan kelulusan Sertifikasi APLI dan DSN MUI Pusat. Keuntungan lain yang bahkan bisa didapatkan bagi member yang pasif adalah pengetahuan manfaat produk, edukasi dan motivasi positif kehidupan, konsultasi terkait manfaat produk yang dibutuhkan.budaya kerja yang positif dan panduan support system serta akhlaq para leadernya yang mengarah pada keimanan.
Kata kunci: Multi Level Marketing, Hukum Ekonomi Islam.
ABSTRAC
This thesis discusses about MultiLevel Marketing in the perspective of Islamic economic law. The method used in this research is a normative juridical approach. Based on the results of this research, it is concluded that the existing Multi Level Marketing conforms to provisions of Islamic economic law if it obtains a certification from DSN MU! Pusat. The certification requires 12 (twelve) criteria to be fulfilled, the Multi Level Marketing business having Sharia Supervisory Board, and the business not having 5 prohibited elements which consist of money game, member get member, binary or trinary, Ponzi scheme, and recruitment based bonus.
The difference between conventional Multi Level Marketing and Sharia Multi Level Marketing that conforms to the principles in Islamic economy can be observed from the ownership of the company which is entirely muslim, the vision, mission, and orientation of the company is clear and in favor of the empowerment of muslims. Legality and Supervision consist of APLI certification ownership, DSN MUI Pusat ownership, and the availability of DPS intra corporate for sharia supervision. The product has to be halal, beneficial (Thoyib), tangible (Hi!), reasonable in prices with quality.
Key Word: Multi Level Marketing, Economic Islamic Law
Full Text:
PDFReferences
BUKU
A. Karim Adiwarman, Ekonomi Mikro Islami, Depok: RajaGrafindo Persada, 2018.
Hoetoro Arif, Ekonomi Islam Perspektif Historis dan Metodologis, Malang: Empatdua, 2017.
HS H. Salim, dan Septiana Nurbaini Erlies, Penerapan Teori Hukum Pada Penelitian Tesis dan Disertasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
Idri, Hadis Ekonomi,Ekonomi dalam Persepektif Hadis Nabi, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Ishaq H., Metode Penelitian Hukum Penulisan Skripsi, Tesis, serta Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2017.
Konoras Abdurrahman, Jaminan Produk Halal di Indonesia, Depok: RajaGrafindo, 2017.
Mubarok E.Saefuddin, Ekonomi Islam Pengertian, Prinsip dan Fakta, Bogor: IN MEDIA, 2015.
Mujahidin Akhmad Ekonomi Islam Sejarah, Konsep, Instrumen, negara dan Pasar, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Mardani, Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia, Bandung: Refika Aditama, 2011.
Mardani, Hukum Islam Dalam Hukum Positif Indonesia, Depok: Rajagrafindo Persada, 2018.
Mardani, Hukum Sistem Ekonomi Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015.
Nasution Muhammad Syukri Albani, Filsafat Hukum Islam, Depok: RajaGrafindo Persada, 2014.
Ramly Zulchaidir B.Firly, “Dwilogi The Master Book To Be The Best Market Leader, Jakarta: CELLS-HNI, 2017.
Rozalinda, “Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi” Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
Soekanto Soerjono & Mamudji Sri, Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat”, Jakarta: Rajawali, 2001.
Soemitro Ronny Hanitijo, Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri,
Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994.
Tantri Francis, Pengantar Bisnis, Depok: RajaGrafindo Persada, 2018.
Yosuf Boni Suriadi, “Apa Salah MLM? Sanggahan 22 Pengharaman Multi Level Marketing, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2017.
Internet
https://www.trigonalmedia.com/2015/05/sejarah-cni-pt-centra-nusa-insan.html?m=1 diakses pada tanggal 07 Desember 2018 pukul 13.20 WIB.
https://www.google.co.id/amp/s/klinkbisnis.wordpress.com/2010/07/22/profil-perusahaan-k-link/amp/diakses pada tanggal 07 Desember 2018 pukul 13.35 WIB.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Amway diakses pada tanggal 07 Desember 2018 pukul 13.55 WIB.
Perusahaan.herbalife.co.id/ilmupengetahuan-kami diakses pada tanggal 07 Desember 2018 pukul 14.10 WIB.
https://milagros.co.id/?do=page.main&key=51 diakses pada tanggal 07 Desember 2018 pukul 14.25 WIB.
https://hpaindonesia.net/id/profil-perusahaan/ diakses pada tanggal 07 Desember 2018 pukul 14.50 WIB.
Peraturan PerUndang-Undangan
Keputusan Menteri Perdagangan No. 73/ MPP/Kep/3/2000 tentang Izin Usaha Penjualan (IUPB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Program Studi Magister Hukum
Universitas Tanjungpura
ISSN: 0216-2091