ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI NASABAH YANG DIBERIKAN KEPADA PIHAK KETIGA

Jurnal Mahasiswa S2 Hukum UNTAN ETA NOVITA ARSANTY , SE. NIM. A.2021141082

Abstract


ABSTRAK
Penelitian tesis dengan judul: “Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Data Pribadi Nasabah Yang Diberikan Kepada Pihak Ketiga)” bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakah pengaturan hukum terhadap perlindungan data pribadi nasabah. Untuk mengetahui bagaimana tanggungjawab bank terhadap kerahasiaan data pribadi nasabah. Untuk mengetahui bagaimanakah upaya nasabah untuk mendapatkan perlindungan hukum atas data pribadi yang diberikan terhadap pihak ketiga.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum dengan mempergunakan cara pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder, yang disebut penelitian kepustakaan. Selanjutnya untuk menunjang dan melengkapi fakta yang ada, yaitu norma (kaedah) untuk penelitian kepustakaan dari pelaku maka dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah di analisis dapat diketahui bahwa pengaturan hukum terhadap perlindungan data pribadi nasabah terdapat didalam beberapa peraturan perundang-undangan antara lain Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen khusunya pada Pasal 4, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor : 1/Pojk.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/6/PBI/2005 tentang Transparansi
Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi. Berdasarkan penelitian tergambar bahwa beberapa peraturan tersebut diatas belum sepenuhnya dilaksanakan sebagaimana mestinya hingga belum sepenuhnya memberikan perlindungan terhadap data pribadi nasabah bank. Bahwa tanggung jawab bank terhadap kerahasiaan data pribadi nasabah belum dapat dilaksanakan sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan perlindungan data nasabah, karena masih terdapat persoalan yang dialami nasabah akibat data nasabah yang bocor kepada pihak ketiga, hal ini terjadi karena tentang tanggung jawab pihak bank bukanlah hal yang dianggap penting bagi bank untuk menjaganya karena sanksi yang dijatuhkan kepada pihak bank akibat kelalaian yang merugikan nasabah selama ini, belum dilaksanakan secara tegas oleh pihak pengawas yang dalam hal ini pihak Otoritas Jasa Keuangan. Bahwa upaya hukum yang dapat dilakukan oleh nasabah bank yang merasa dirugikan akibat penyebaran data informasi nasabah yang dipergunakan oleh pihak ketiga adalah dengan melakukan pelaporan kepada pihak bank atas penggunaan data nasabah tanpa seijin nasabah.
Kata Kunci : Perlindungan Hukum, informasi, berita, terkini,harian regional, Data Nasabah, Pihak Ketiga
ABSTRACT Thesis with the title : " Analysis of the Juridical Protection of Personal Information Law Customer Provided to Third Parties ) " aims to determine how the legal arrangements for the protection of personal data consumer. To know how the responsibility of banks to the confidentiality of customers' personal information . To determine how the client attempts to obtain legal protection of personal information to third parties . This study is the law by using empirical juridical approach that is research done by researching library materials is a secondary data , called the research literature . Furthermore, to support and complement the existing facts , which is the norm ( kaedah ) for the research library of the offender to the research field. Based on the research that has been in the analysis can be seen that the legal arrangements for the protection of customers' personal data contained in several laws, among others, Act No. 10 of 1998 on the amendment of Law No. 7 of 1992 on Banking, Law No. 8 1999 on consumer protection especially in Article 4 of Law No. 11 of 2008 on Information and Electronic Transactions. Regulation of the Financial Services Authority No. 1 / Pojk.07 / 2013 on Consumer Protection Financial Services Sector. And Bank Indonesia Regulation Number 7/6 / PBI / 2005 concerning Transparency in Bank Product Information and Use of Personal Information. Based on the research illustrated that some of the rules mentioned above have not been fully able to provide protection against bank customers' personal data it can be seen there are still many customers who feel uncomfortable because the customer data used third parties to make offers to its customers a variety of products. That the responsibility of the bank to the confidentiality of customers' personal data can not be implemented as stipulated in the legislation of protection of customer data, because there are still problems experienced by customers due
to customer data leaked to a third party, this happens because of the responsibility of the banks is not things that are considered important for banks to keep because of the sanctions imposed on the banks due to the negligence of consumer harm as long as this is just a mere reprimand sanction of the supervisors who in this case the Financial Services Authority. That the remedies that can be done by bank customers who feel harmed by dissemination of data of customer information that is used by a third party is to do the reporting to the bank for the use of customer data without the permission of the customer. Keywords : Protection Law , the Customer Information , Third Party

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh: Program Magister Hukum Universitas Tanjungpura

ISSN: 0216-2091