PERTANGGUNGJAWABAN BANK TERHADAP KERUGIAN NASABAH YANG TERKAIT DENGAN FASILITAS TRANSAKSI MELALUI SMS BANGKING

Jurnal Mahasiswa S2 Hukum UNTAN BENY RAHMAN, SE. A.2021131052

Abstract


regulation and government regulation. Protection against the validity of the transactions carried out by the recognition of electronic documents as evidence that the transaction is valid and it is listed in the form agreement between the bank and its customers. Protection of dispute settlement is done with the availability of several options either through the media outside the court or through a court. Forms of accountability for the use of internet banking in the event of a problem depending on the cause of the loss, if it turns out the material losses suffered by users of internet banking customers of the bank caused by the fault and the bank, then the bank's responsibility to satisfy customers' demands compensate.
Keywords: bank accountability, to, loss of customersii
ABSTRAK
Tesis ini membahas pertanggungjawaban bank terhadap kerugian nasabah yang terkait dengan fasilitas transaksi melalui sms bangking. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa : Saat ini peraturan perundang-undangan yang mengatur secara langsung tentang produk SMS Bangking belum ada, namun demikian, peraturan perundang-undangan yang ada saat ini sudah mencakup aspek perlindungan hukum nasabah pengguna SMS Bangking antara lain adalah Undang-Undang tentang Perbankan, Undang-Undang tentang Bank Indonesia, Undang-undang tentang Perlindungan Konsumen, Undang-undang tentang Telekomunikasi, Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta peraturan perundang-undangan lainnya antara lain Peraturan Pemerintah yang mengatur mengenai Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan dan Perlindungan Konsumen serta Peraturan Bank Indonesia dan Surat Edaran Bank Indonesia yang mengatur mengenai Transparansi Informasi Produk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah, Penyelesaian Pengaduan Nasabah, Mediasi Perbankan, dan Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum.Faktor-faktor yang mempengaruhi resiko kerugian nasabah dalam transaksi melalui SMS Bangking adalah terjadi keterlambatan pemberitahuan pengiriman transaksi yang diterima oleh nasabah, dimungkinkan berkaitan dengan jaringan provider yang sedang sibuk, Seharusnya bank memberikan informasi kepada nasabah yang telah melakukan transaksi melalui layanan sms banking atas keterlambatan pengiriman transaksi, sehingga nasabah mendapatkan kepastian bahwa transaksi yang dilakukan telah berhasil atau tidak, Kesalahan pengiriman ke nomor lain, Tidak diterimanya pemberitahuan dari pihak bank, walaupun nasabah telah melakukan transaksi dan Kegagalan dalam pengiriman sms. Faktor lain yang mempengaruhi yaitu Masih lemahnya perlindungan hukum bagi para nasabah, Belum adanya pengaturan yang efektif dan jelas tentang layanan sms banking dan Masih lemahnya pengawasan dari pihak yang berwenang. Pelaksanaan perlindungan nasabah pengguna SMS Bangking pada dilakukan mulai tahap tahap pra transaksi, tahap pada saat terjadinya transaksi, maupun pada saat pasca transaksi. Pelaksanaan perlindungan nasabah pengguna SMS Bangking yang dilakukan melalui penerapan transparansi produk SMS Bangking belum sepenuhnya dilakukan karena belum menginformasikan antara lain risiko produk, prosedur pengaduan jika terjadi permasalahan, dan batasan ganti rugi yang akan diberikan. Perlindungan terhadap sistem keamanan teknologi informasi SMS
3
Bangking dilakukan dengan memenuhi aspek-aspek confidentially, integrity, authentication, availability, access control, dan non-repudiation, namun tetap perlu dilakukan peningkatan kehandalan sistem teknologi internet banking, aspek perlindungan terhadap data pribadi nasabah dilakukan melalui pendekatan self regulation dan government regulation. Perlindungan terhadap keabsahan transaksi dilakukan dengan adanya pengakuan terhadap dokumen elektronik transaksi sebagai alat bukti yang sah dan hal tersebut tertera dalam formulir perjanjian antara bank dengan nasabah. Perlindungan terhadap penyelesaian sengketa dilakukan dengan tersedianya beberapa pilihan media baik melalui jalur luar pengadilan maupun melalui pengadilan. Bentuk pertanggung jawaban terhadap penggunaan internet banking apabila terjadi masalah tergantung pada penyebab kerugian, apabila ternyata kerugian materiil yang diderita oleh nasabah bank pengguna internet banking diakibatkan oleh karena kesalahan dan pihak bank, maka pihak bank bertanggung jawab memenuhi tuntutan nasabah memberikan ganti kerugian.
Kata Kunci: pertanggungjawaban bank, terhadap,kerugian nasabah

Full Text:

 Subscribers Only

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan Oleh: Program Magister Hukum Universitas Tanjungpura

ISSN: 0216-2091