ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH KABUPATEN DAN KOTA PROVINSI SE-KALIMANTAN BARAT TAHUN 2011-2014

Murti Puspita Rukmi B2091141042

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan belanja modal terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah yang dinyatakan dengan rasio derajat desentralisasi, rasio ketergantungan keuangan daerah, rasio kemandirian keuangan daerah dan rasio efektivitas pendapatan asli daerah. Populasi dalam penelitian ini menggunakan 14 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Barat tahun 2011-2014.

Analisis data dilakukan dengan melakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik, didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal serta tidak terjadi autokorelasi, tidak terjadi multikolinearitas maupun tidak terjadi heterokedastisitas. Penelitian ini menggunakan alat analisis data regresi berganda dengan bantuan software komputer SPSS versi 20.00.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pendapatan Asli Daerah berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten dan kota Provinsi Kalimantan Barat. 2) Dana Perimbangan berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah di kabupaten dan kota Provinsi Kalimantan Barat. 3) Belanja Modal tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten dan kota Provinsi Kalimantan Barat.

Kata Kunci     : Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Belanja Modal, dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah.


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.