EFEK KEKUATAN OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN START RENANG GAYA BEBAS

Surya Adi Saputra

Abstract


Penilitian ini merupakan jenis penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui tentang kontribusi power otot tungkai (X) sebagai variabel bebas tehadap kemampuan start renang gaya Bebas (Y) sebagai veriabel terikat.  Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Olahraga STKIP Kusumanegara yang aktif pada UKM renang tahun 2017 berjumlah 35 orang yang terdiri dari 25 orang putera dan 10 orang puteri yang berusia 20-23 tahun. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang khusus putera saja dengan teknik pengambilan sampel adalah secara purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengukur power otot tungkai dengan tes lompat jauh tanpa awalan. Selanjutnya kemampuan start renang gaya Bebas dilakukan dengan tes lompat start renang gaya Bebas. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data dapat diperoleh hasil yaitu” terdapat kontribusi antara power otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya Bebas sebesar 92,6%”.

Kata kunci : Kekuatan otot tungkai, kemampuan start, renang gaya bebas

Keywords


otot tungkai, gaya bebas

Full Text:

PDF

References


David, G. Thomas. Renang Tingkat Mahir. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. 1996.

David Haller. Belajar Berenang. Bandung: Pioner Jaya. 1982

Ernest W. Maglischo. Swimming Faster-A Comprehensiv Guide to the Science of Swimmin. California: May Field Publishing Company. 1993

FINA Handbook 2009-2013. Contitutions and Rules: Swimming, Open Water Swimming, Diving, Water Polo, Synhcronised Swimming, Masters, Facilities, Medical and Doping Control . Fina Office.

Herbert, Hog & Dassel, Hans (Hrsg). 1981. Fitness Tests. Stutgarts: Verlag, Hormann, Schorndorf.

Firdaus, Efendy. 2006. Hubungan Antara Daya Tahan Kekuatan Otot Lengan dan Power Otot Tungkai dengan Kemampuan Renang Gaya Punggung 50 Meter (Skripsi). Padang: FIK UNP.

PB. PRSI. 2002. Instrumen Paduan Bakat Renang. Jakarta: PB. PRSI.

Syafruddin. 1999. Dasar-Dasar Kepelatihan Olahraga. Padang: FIK UNP Padang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Surya Adi Saputra



JURNAL LOCOMOTOR