Kondisi Makrozobentontos pada Substrat Dasar di Kawasan Ekowisata Desa Pasir, Kabupaten Mempawah

Unggul Pamenang, Apriansyah Apriansyah, Yusuf Arief Nurrahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keadaan makrozoobentos di kawasan ekowisata Desa Pasir, Kabupaten Mempawah. Variabel yang diteliti meliputi tekstur sedimen, kandungan bahan organik, kelimpahan makrozoobentos dan parameter perairan. Selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian  ditemukan 5 famili dari 3 kelas makrozoobentos, dengan kelimpahan berkisar 36,5 – 128,4 ind/m2. Kondisi perairan kawasan ekowisata Desa Pasir masih tergolong layak untuk kehidupan makrozoobentos, akan tetapi memiliki kandungan bahan organik yang tergolong tinggi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan makrozoobentos di lokasi penelitian berada di lingkungan yang sesuai untuk kehidupan makrozoobentos dengan persentasi fraksi lanau lebih dominan dibandingkan fraksi pasir dan lempung.


Keywords


Makrozoobentos, Mempawah, Substrat Dasar

Full Text:

PDF PDF

References


Michael, P., 1994, Metode Ekologi Untuk Penyelidikan Ladang dan Laboratorium. Jakarta: UI Press.

Muhaimin, H, 2013, Distribusi Makrozoobentos Pada Sedimen Bar (Pasir Penghalang) Di Intertidal Pantai Desa Mappakalompo Kabupaten Takalar, Universitas Hasanuddin, Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan, Makassar, (Skripsi).

Odum, E. P., 1971, Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Putri, A. M. S.; Suryati, dan Widyorini, N., 2016, Hubungan Tekstur Sedimen dengan Kandungan Bahan Organik dan Kelimpahan Makrozoobentos di Muara Sungai Banjir Kanal Timur Semarang, Saintek Perikanan, Vol. 12 No.1.

Radojevic, M., Bashkin, V. N. 1999. Practical Environmental Analysis.. Chambridge. Published The Royal Society of Chemistry.

Riniatsih, I. dan Kushartomo, E. W., 2009, Substrat Dasar Dan Parameter Oseanografi Sebagai Penentu Keberadaan Gastropoda Dan Bivalvia Di Pantai Sluke Kabupaten Rembang. Ilmu Kelautan, Vol. 14 No. 1.

Sudaryanto, A. 2001. Struktur Komunitas Makrozoobenthos Dan Kondisi Fisiko Kimiawi Sedimen Di Perairan Donan, Cilacap - Jawa Tengah. Jurnal Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 2.

Wahyuningrum, E.S.; Muskananfola, M.R. dan Suryanto, A., 2016, Hubungan Tekstur Sedimen, Bahan Organik Dengan Kelimpahan Biota Makrozoobentos Di Perairan Delta Wulan, Kabupaten Demak, Management Of Aquatic Resources, Vol. 5 No. 1.

Yuningsih, H. D.; Soedarsono, P. dan Anggoro, S., 2014, Hubungan Bahan Organik Dengan Produktivitas Perairan Pada Kawasan Tutupan Eceng Gondok, Perairan Terbuka Dan Keramba Jaring Apung Di Rawa Pening Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Management Of Aquatic Resources. Vol. 3 No.1.

Yunitawati; Sunarto, dan Hasan, Z., 2012, Hubungan Antara Karakteristik Substrat Dengan Struktur Komunitas Makrozoobentos Di Sungai Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jurnal Perikanan Dan Kelautan. Vol. 3 No. 3.

Zulfiandi; Zainuri, M., dan Hartati, R., 2012, Struktur Komunitas Makrozoobentos Di Perairan Pandansari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Journal Of Marine Research. Vol. 1 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/lkuntan.v2i1.30177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright © 2021 Jurnal Laut Khatulistiwa, except certain content provided by third parties. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Free counters!