Penerapan Model Networked (Jejaring) dalam Pembelajaran Terpadu Pendidikan Anak Usia Dini

Halida .

Abstract


Pembelajaran Terpadu adalah pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai aspek dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik. Untuk mencapai aspek perkembangan anak dengan optimal, materi yang disampaikan dijelaskan berdasarkan tema dan subtema. Pembelajaran terpadu model networked adalah model yang memadukan berbagai pengetahuan dan keterampilan dari berbagai bidang keahlian anak, yang dijalin dalam proses kerja untuk memecahkan masalah yang diminati/dihadapi anak. Dalam model ini, anak menunjukkan proses integrasi/keterpaduan melalui pemilihan sendiri jaringan-jaringan yang dibutuhkan. Hanya anak sendirilah yang mengetahui seluk-beluk dan dimensi bidang yang diminatinya, yang dapat mencapai sumber-sumber yang dibutuhkan. Dengan demikian model networked ini, anak dilatih untuk mengembangkan minatnya, guru membimbing anak dengan petunjuk dan pengarahan yang mutakhir sehingga pembelajaran yang lebih bermakna (meaning full), menyeluruh (holistic), otentik dan aktif.

Kata- kata Kunci: Model Networked (Jejaring), Pembelajaran Terpadu, Pendidikan Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v5i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Halida .



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats