Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas

Lili Ng Chui Mi

Abstract


Pada kenyataan Guru belum maksimal dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan supervisi klinis Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengelola pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas. Metode penelitian yang digunakan  adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi serta dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian ditemukan  kinerja guru dalam mengelola pembelajaran belum maksimal, b) Tahap-tahap pelaksanaan supervisi klinis meliputi: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi, c) persepsi guru terhadap pelaksanaan  supervisi klinis Kepala Sekolah mendapat tanggapan positif dari semua guru, d) upaya  yang dilakukan Kepala Sekolah dalam mengatasi masalah supervisi klinis meliputi: (1) melaksanakan IHT, (2) memberikan pengarahan dan motivasi pada guru, (3) melakukan tukar menukar informasi (4) memberdayakan guru senior dalam membimbing penyusunan RPP,  e) hambatan-hambatan dalam melaksanakan supervisi klinis yakni: (1) berasal dari  guru dan Kepala Sekolah, dan f) faktor-faktor yang mendukung kompetensi Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi  klinis meliputi;  (1) pendidikan dan pelatihan, (2) seminar, diskusi maupun lokakarya tentang supervisi klinis, (3) pertemuan-pertemuan rutin dalam MKKS, (4) studi banding ke daerah yang sudah melaksanakan supervisi klinis.

Kata Kunci : Supervisi klinis, Kepala Sekolah, kinerja dan guru


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.