Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Pemerolehan Belajar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh 1) ada tidaknya perbedaan perbedaan pemerolehan belajar antara siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran yang menggunakan multimedia dan tanpa multimedia, 2) efektivitas pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika terhadap pemerolehan belajar
Penelitian ini dilaksanakan di SMTI Pontianak tahun pelajaran 2010/2011 dengan populasi siswa kelas XI. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pre- Postes Control Group Design. Sampel penelitian siswa kelas XI-C (eksperimen) dan kelas XI-D (kontrol). Instrumen pengambilan data berupa kuesioner motivasi berprestasi, tes pemerolehan belajar. Instrumen pelaksanaan penelitian berupa RPP, CD Multimedia. Teknik analisis data adalah uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan skor rata-rata belajar antara siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran dengan pemanfaatan multimedia dan tanpa multimedia, 2) effect size pemanfaatan multimedia 1,44 (tergolong tinggi) untuk motivasi berprestasi dan 0,71 (tergolong sedang) untuk pemerolehan belajar
Kata kunci: pemanfaatan multimedia dan pemerolehan belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v7i1.338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Esti Wahyuni
website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.