PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN STRATEGI LITERASI MELALUI WORKSHOP PTK DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK

Subhan Subhan

Abstract


Abstrak: Pemahaman guru tentang strategi literasi dalam pembelajaran sangat beragam. Salah satu upaya pengukuran keberhasilan pelaksanaan strategi literasi dalam pembelajaran yaitu melalui workshop  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kompetensi guru mata pelajaran menerapkan strategi literasi dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran melalui workshop penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 3 Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran dalam menyusun RPP meningkat secara kuantitatif dari 90 kategori sangat baik (A) menjadi 96 kategori sangat baik (A). Kompetensi guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat secara kuantitatif dan kualitatif, yaitu dari 89 kategori baik (B) menjadi 96 sangat baik (A). Kompetensi guru dalam melakukan penilaian dari aspek daya serap juga terjadi peningkatan secara kuantitatif, yaitu dari 80% kategori baik (B) menjadi 88% kategori baik (B). Dari aspek ketuntasan klasikal, komptensi guru mata pelajaran juga meningkat secara kuantitatif maupun kualitatif, yaitu 63% kategori cukup (C) menjadi 85% kategori baik (B).

 

Kata kunci: strategi literasi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran,  penilaian, workshop penelitian tindakan kelas

 


Keywords


strategi literasi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran, penilaian, workshop penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References


Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: PT Kanisius.

Hornby, A S. 2005. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Seventh Edition. Oxford: Oxford University Press.

Iskandarwassid dan Suhendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung. Rosda.

Laksono, Kisyani, dkk. 2017. Pengembangan Budaya Literasi dan Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menegah Pertama. Jakarta: Satgas GLS Kemdikbud.

Laksono, Kisyani, dkk. 2016. Manual Pendukung Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdikbud.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i2.26013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018



Published by Universitas Tanjungpura
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Telp: (0561) 740144 Kotak Post 1049

website: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip

email: jurnalvisi@untan.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.