PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KONSEP PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS II

Darlina Kakak

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi  belajar peserta didik kelas II SDN 04 Nanga Pinoh.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang didesain dengan menggunakan metode siklus. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan observasi pengamatan guru dan pengamatan siswa  serta hasil tes belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 04 Nanga Pinoh, yang berjumlah 26 orang. Terjadi peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada  konsep perubahan benda pada siswa kelas II SDN 04 Nanga Pinoh. Hal ini terbukti dalam peningkatan nilai dari tes awal dari 26 siswa yang tuntas KKM ada 16 siswa atau 50% sedangkan masih 10 siswa atau 38% yg belum tuntas. Pada Siklus I dari 26 siswa yang tuntas 18 siswa atau 69% dan yang belum tuntas ada 8 siswa yang bearti 31%. Pada siklus II dari 26 siswa yang tuntas 21 siswa atau 80,7% dan yang belum tuntas ada 5 siswa yang bearti 19,3%. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penggunaan metode demonstrasi  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA Konsep Perubahan Benda pada siswa kelas II SDN 04 Nanga Pinoh.

Keywords


Metode Demonstrasi, Meningkatkan Prestasi

Full Text:

PDF

References


Sutrisno Leo, Krisnadi Hery, Kartono (2007).Pengembangan pembelajaran IPA SD.Jakarta:Depdiknas.

Pengertian Belajar Menurut Ahli. http://belajarpsikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/ (tanggal buka 1 November 2016).

Jenis-jenis Belajar. http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/jenis-jenis-belajar.html ( tanggal buka 2 November 2016).

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. http://ggugutlufichasepti.blogspot.co.id/( tanggal buka 2 November 2016).

Hakikat Pembelajaran IPA. http://intermediary-blog.blogspot.co.id/2011/11/hakikat-ilmu-pengetahuan-alam-ipa.html

(tanggal buka 3 Novemver 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats