MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT

Rini Astini

Abstract


Motivasi dan Prestasi Belajar siswa/siswi kelas VII A SMP Negeri 3 Sukadana sangatlah rendah khususnya pada mata pelajaran Matematika. hal ini didtemukan saat pelaksanaan team theacing yang berkesimpulan bahwa masalah utama pada saat pelaksanaan pelajaran Matematika adalah semagat belajar dan kemampuan siswa masih sangat kuraan  saat pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi kurangnya motivasi siswa dalam pelajaran matematika maka perlu usaha peningkatan motivasi dengan memberi variasi model pembelajaran yang bersifat  Cooperative Learning  yang menarik atau menyenangkan, yang melibatkan siswa, yang dapat meningkatkan aktivitas dan tanggung jawab siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran  Teams Games Tournament (TGT).  Setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament  (TGT) selama 2 siklus penelitian tindakan kelas yaitu berupa peningkatan prestasi belajar dan motivasi siswa  Pada siklus I dengan materi Operasi Hitung Bilangan Bulat rata-rata hasil nilai siswa 62,78. Pada siklus II dengan materi persegi rata-rata hasil nilai siswa 68,33.

Keywords


Team,Games,Tournament

Full Text:

PDF

References


Haryono, Moh.. (2007). Penggunaan Variasi Metode Belajar untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Matematika. Widyatama, Vol. 4.

Purwanto, Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistika Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta

Suhadi. (2008). Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). http://Suhadinet.wordpress.com. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2008.

Sumanto, Wasty. (1984). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Yogya. Yayasan Paramita.

Sutikno, Sobry. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Bandung. NTP Press.

Trianto, Drs. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya. Prestasi Pustaka.

Winkel, W.S. (1991). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. PT. Gramedia,




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats