PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nuraspida Nuraspida

Abstract


Hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif tahun pelajaran 2016/2017 sangat rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan guru sekitar 70% mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah untuk pembelajaran Matematika kelas IV yaitu 60.  Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah ketidaktepatan penggunaan model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yang diajarkan di kelas. Hal ini disebabkan karena guru kurang memahami konsepsi siswa dan tidak membangkitkan perubahan konseptual siswa.Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan pembelajaran dengan  menerapkan metode kooperatif  tipe Team Assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif pada pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 4 Teluk Melano  semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil yang didapat setelah pelaksanaan penelitikan tindakan kelas dengan  menerapkan metode kooperatif  tipe Team assisted Individualization (TAI)  selama 2 siklus penelitian adalah Pada Siklus II jumlah siswa yang mendapatkan  nilai diatas KKM pada perbaikan pembelajaran siklus II meningkat dari jumlah yang sebelumnya 10 orang menjadi 14 orang mendapatkan nilai diatas KKM. Pada siklus II ini terjadi pula penurunan jumlah siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM setelah dievaluasi yaitu hanya tinggal 6 orang atau sekitar 30%  dari 20 orang siswa.

Keywords


Team,Assisted,Individulization

Full Text:

PDF

References


Abror, Rahman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Arikunto. S. ( 1990 ). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Azhar, M.L. (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Baharuddin, dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rosadila. (2007). Penerapan Pendekatan Team Assisted Individualization (TAI) Pada Kelas XI SMA Negeri 8 Pontianak : STKIP PGRI.

Rusyani, tabrani dkk. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: FKIP Uninus

Antono, dkk (2006). Buku Matematika IV SD/MI, Jakarta: Erlangga

Purnomo, J. (2010). Mahir Matematika kela IV SD, Surabaya : Sinar Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats