UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI STRATEGI GROUP RESUME

Maryani Maryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Ingin mengetahui kemampuan siswa didalam melaksanakan pembelajaran akhlak dengan menggunakan  strategi group resume;  (2) Ingin mengetahui pelaksanaan tindakan siklus I untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran akhlak melalui  strategi group resume (3) Ingin mengetahui pelaksanaan tindakan siklus II untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran akhlak melalui  strategi group resume.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Pontianak Timur yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data digunakan dengan data catatan, data instrumen, data tentang situasi belajar mengajar dikelas, data penilaian siklus I dan data penilaian siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I perolehan pelaksanaan pembelajaran menjadi 67,91 (70%) kategori baik. Siklus II perolehan pelaksanaan pembelajaran sebesar 80,41 (83%) kategori baik sekali.

Keywords


Pembelajaran Akhlak,Pendekatan Moral

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsirni. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktis. Jakarta: Reunika Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hadi, Sutrisno. 1998. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Nawawi, Hadari. 1995. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwadarminta, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Rasyid, Harun. 2000. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN.

Riduwan dan Sunarto, H. 2007. Pengantar Statistika, untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sanafiah, Faisal. 1995. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Silberman, Mel. 2002. Active Learning. Yogyakarta: Yayasan Pengembangan Ilmu-Ilmu Pendidikan Islam.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibawa, Basuki. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats