PENGETAHUAN GURU MENGENAI SISTEM PEMBELAJARAN ALAMIAH OTAK DI TK MUJAHIDIN 1 PONTIANAK

Desni Yuniarni

Abstract


Anak akan optimal dalam belajar apabila pembelajaran yang diberikan oleh guru sesuai dengan karakteristik perkembangannya. Proses pembelajaran itu sendiri terdiri dari komponen yang berbeda-beda,  yang saling terkait satu sama lain. Komponen yang dijadikan  fokus dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran, yaitu bagaimana proses penyampaian materi pembelajaran dilakukan oleh guru di PAUD.  Barbara K. Given dalam bukunya Brain Based Teaching (2007) mengatakan bahwa pendidikan lebih dari sekedar meraih standar pembelajaran tertentu, pendidikan identik dengan mengembangkan keinginan untuk belajar, memahami cara belajar dan menerapkan praktek pengajaran berdasarkan bagaimana sesungguhnya otak berfungsi. Mengacu pada pendapat Barbara diatas, proses penyampaian materi pembelajaran yang diberikan oleh guru kepada anak didiknya di TK hendaknya disesuaikan dengan bagaimana cara  kerja otak anak dalam belajar. Pendidikan memiliki tujuan mengoptimalkan penggunaan otak. Tidak saja untuk aspek rasional-kognitif, tetapi  juga emosi, fisik dan spiritual. Otak yang optimal adalah otak yang semua potensinya teroptimalkan dengan baik. Untuk dapat mengoptimalkan kerja otak dengan cara yang natural, Barbara menyebutnya sistem pembelajaran alamiah otak, yaitu sistem pembelajaran  emosional, sosial, kognitif, fisik dan reflektif. Kelima sistem pembelajaran alamiah otak tersebut merupakan satu kesatuan yang harus ada dalam sistem pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada anak didiknya. Penelitian  yang berkaitan dengan bagaimana kinerja otak anak usia dini dalam proses pembelajaran penting dilakukan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran pada anak usia ini, oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan yang dimiliki oleh para guru TK dengan metode deskriptif dan menggunakan angket dan lembar wawancara sebagai alat pengumpul datanya. Metode analisis yang yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil  dari penelitian ini menunjukkan para guru di TK Mujahidin Pontianak memiliki pengetahuan yang sangat baik terhadap metode pembelajaran berbasis kinerja otak.

Keywords


Anak Usia Dini, Pembelajaran Berbasis Kinerja Otak

Full Text:

PDF

References


Adi W. Gunawan. 2007. Genius Learning Strategy. Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Bahtiar. 2009. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Anak kelas II SMA Negeri 2 Mataram. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, Vol 14 (12), 254-268

Given, Barbara K. 2007. Brain Based Teaching. Merancang Kegiatan Belajar-Mengajar yang Melibatkan Otak Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetis dan Reflektif. Penerjemah: LalaHerawati Dharma. Bandung: PT. MizanPustaka.

Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosional “Mengapa EI Lebih Penting dari IQ”. Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadari Nawawi. 1983. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hurlock, E.B 1988. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan (Edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Psikologi Perkembangan, terj. Istiwidiyanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga

Munif Chatib. 2011. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa

Notoadmojo, Soekidjo 2005. Promosi Kesehatan, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Notoadmojo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Papalia, Diane E, Etc. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Peraturan Menteri no. 58 tahun 2009 Sudjana. 2001. Metode Statistika. Edisi Revisi. Cetakan Keenam. Bandung: Tarsito

Widarmi, D., Sriratna, G., dan Yulianti. 2008. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Edisi kesatu). Jakarta: Universitas Terbuka

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gava Media.

Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar PAUD. Jakarta. Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats