PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS AUD

Dian Miranda

Abstract


Anak merupakan pembelajar yang penuh kejujuran dalam mengekspresikan perasaan dan imajinasinya. Terkait dengan imajinasi, pada dasarnya semua anak kreatif dimana menurut George & Zhou (dalam Ashkanasy & Rowe, 2008) kreativitas adalah suatu produk ide atau solusi yang bersifat baru dan berguna. Menurut munandar (2002) salah satu manfaat kreativitas ilah dapat meningkatkan kulitas hidup dan memecahkan masalah dari berbagai  sudut pandang, oleh sebab itu kreativitas penting untuk diasah sejak dini, agar menjadi karakter yang melekat dalam diri anak. Namun perlu difahami bahwa kreativitas tidak hanya terkait dengan kebaruan, tetapi juga harus berguna. Oleh sebab itu, kreativititas tidak boleh semaunya dan harus dibatasi dengan kemampuan memilih hal yang baik dan buruk, bermanfaat atau tidak bermanfaat, atau bahkan berdampak negatif. Oleh sebab itu anak perlu untuk diarahkan mengenai cara mengekspresikan perasaan dan imajinasinya dengan benar sesuai dengan nilai dan norma yang diterima di masyarakat maupun agama. Dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan kreativitas dan menanamkan nilai karakter anak, maka penelitian ini berusaha untuk merancang dan membuat sebuah media pembelajaran yang sesuai bagi anak yaitu sebuah buku cerita bergambar bermuatan pendidikan karakter dan juga dapat meningkatkan kreativitas anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode research and development (R&D)  dengan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah buku cerita bergambar dinilai baik sebagai media penanaman karakter  religius, toleransi, bersahabat, peduli sosial, disiplin, dan cinta damai serta baik digunakan sebagai media pengembang kreativitas anak usia dini khususnya anak usia 5-6 tahun.

Keywords


Kreativtas, Pendidikan Karakter, Buku Cerita Bergambar

Full Text:

PDF

References


Ain, F.A. 2011. Patiseri jilid 2. Jakarta: direktorat pembinaan sekolah kejuruan.

DeRoche, Edward. 2009. The What, Why, and How of Character Education. http://www.csee.org/products/ 108

Kementerian Pendidikan Nasional, dalam Suyadi. 2013. Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lickona, T. & Matthew Davidson. 2005. Smart & good high schools: Integrating excellence and ethics for

success in school, work, and beyond. Cortland, NY: The Character Education Partnership.

Muh. Nur Mustakim. (2005). Peranan Cerita Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press..

Sadiman. 2012. Media pendidikan (pengertian, pengembangaan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo Persada

Sugiono. 2011. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung : alfabeta.

Tarigan. (1985). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Piaget, Jean. 1965. The Moral Judgment of The Child. New York: The Free Press.

Power, F. C.; Higgins, A., & Kohlberg, L. 1989. Lawrence Kohlberg's Approach to Moral Education. New York: Columbia University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Visi Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats