Sistem Informasi Lalu Lintas Ternak (Studi Kasus Dinas Pertanian dan Peternakan Kayong Utara)

Sania Sania, Heri Priyanto, Yulianti Yulianti

Abstract


Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengujian dan Penyidikan Penyakit Hewan merupakan bagian dari Dinas Peternakan Kayong Utara. Pada Balai Pengujian dan Penyidikan Penyakit Hewan sistem informasi sangat berpengaruh dalam mendukung peningkatan pembangunan peternakan dan pelayanan veteriner (mengenai penyakit hewan) nasional. Pelaksaan pelayanan pengawasan veteriner perlu dilakukan identifikasi dan pengawasan terhadap lalulintas ternak. Peraturan Bupati Pasal 1 No. 16 Tahun 2018, lalu lintas ternak adalah keluar-masuk antar daerah/pulau, mutasi dan keluar-masuk daerah produk peternakan. Pelaksanaan pengawasan lalu lintas ternak antar kabupaten dilakukan di Pos Pemeriksaan Ternak atau PPT (check point) oleh Dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten/Kota. Tujuan dari penelitian adalah membangun sebuah sistem informasi yang dapat membantu kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan dalam membuat kebijakan, evaluasi dan administrasi peternakan dan kesehatan hewan. Kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan memiliki tugas dan fungsi melakukan kontrol dan koordinasi terhadap lalu lintas ternak, meliputi jumlah dan kondisi hewan ternak pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kayong Utara. Metodologi penelitian yang dilakukan yaitu studi literatur, analisis kebutuhan, pengumpulan data, perancangan, implementasi, pengujian dan penarikan kesimpulan. Model pengembangan sistem menggunakan konsep System Development Life Cycle (SDLC). Pengujian sistem dilakukan dengan pengujian black box dan aspek usability. Hasil pengujian black box adalah sistem dapat bekerja dengan baik dan hasil dari pengujian usability dengan 3 orang responden dari 8 pertanyaan, 6 diantaranya memiliki nilai diatas 80%. Sehingga disimpulkan sistem dapat membantu kepala bidang peternakan dan kesehatan hewan dalam membuat kebijakan, evaluasi dan administrasi peternakan dan kesehatan hewan.

Keywords


Lalu Lintas Ternak, PPT (check point), veteriner, SDLC, Sistem Informasi.

Full Text:

PDF

References


V. C. Hamacher, Z. G. Vranesic, and S. G. Zaky, Computer Organization, 5th ed., vol. VII, no. V. New York: McGraw-Hill New York et al., 2002.

H. H. Hamid, Peraturan Bupati Kayong Utara Tentang Pengaturan Lalu Lintas Ternak dan atau Bahan Asal Ternak. Sukadana: Bupati Kayong Utara, 2018.

J. Hartono, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

S. Azhar, “Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pengembangannya,†Ed. ketiga,(Bandung Lingga Jaya, 2004), 2004.

B. D. Gordon, “Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen,†PPM, Jakarta, 2002.

G. H. Bodnar and W. S. Hopwood, “Sistem Informasi Akuntansi,†Jakarta: Salemba Empat, 2006.

J. A. O’Brein, “Pengantar Sistem Informasi. Edisi Keduabelas. Diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari dan Deny Amos Kwary.†McGraw-Hill Irwin. Dan PT. Salemba Empat, Jakarta, 2005.

E. Arbie, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, vol. 1. Jakarta: Bina Alumni Indonesia, 2000.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, Analisa dan Perancangan Sistem, 5th ed. Jakarta: PT Indeks, 2003.

R. S. Pressman, Software Engineering: a Practitioner’s Approach. Britania Raya: Palgrave Macmillan, 2005.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta: Penerbit Andi, 2002.

Z. Ahkamiyati, “Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Skripsi Online untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Teknik Elektronika Ft Uny,†Lumbung Pustaka UNY, vol. 147, pp. 11–40, 2016.

J. Rubin and D. Chisnell, Handbook Of Usability Testing: How To Plan, Design and Conduct Effective Tests. New Jersey: John Wiley & Sons, 2008.

P. D. Sugiyono, Metode Pnelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.

M. Shalahuddin and A. S. Rosa, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i1.36097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License