Aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) Pengenalan Hewan Berdasarkan Klasifikasi Makanan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Hubertus Cahyo Argo, Rudi Dwi Nyoto, Hafiz Muhardi

Abstract


Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak-anak abnormal yang menyandang ketunaan. Computer Assisted Instruction (CAI) adalah media bantu pembelajaran yang menempatkan komputer sebagai piranti sistem pembelajaran individual, siswa dapat berinteraksi langsung dengan sistem komputer yang dirancang. Dalam proses pembelajaran di sekolah berkebutuhan khusus, salah satu pembelajaran yang diajarkan adalah pengenalan tentang hewan dalam mata pelajaran IPA. Materi pengenalan hewan juga diajarkan dalam terapi wicara untuk anak berkebutuhan khusus. Pada proses materi pengenalan hewan terkadang anak berkebutuhan khusus mengalami kesulitan untuk memahami materi tersebut. Beberapa anak berkebutuhan khusus juga terkadang mengalami kesulitan dalam mengeja dan melafalkan nama hewan yang akan mereka pelajari. Selama ini alat penunjang yang guru gunakan hanya buku lembar kerja siswa (LKS) dan buku yang khusus memuat materi tentang pengenalan hewan. Untuk kasus tertentu, para terapis untuk anak berkebutuhan khusus menggunakan alat bantu berupa kartu bergambar untuk mengenalkan hewan-hewan yang akan dipelajari anak berkebutuhan khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk membantu anak berkebutuhan khusus lebih mudah belajar dan mengenali hewan, serta mengenalkan pelafalan nama hewan dan suara hewan tersebut dengan memanfaatkan konsep CAI dengan model tutorial dan instructional games. Pengujian aplikasi menggunakan uji validasi yaitu ahli materi (Guru SBK Bina Anak Bangsa), serta pengujian angket pada siswa SBK Bina Anak Bangsa dari kelas VI SD sampai XII SMA. Hasil yang didapat dari validasi aplikasi menggunakan skala pengukuran Guttman ini mendapatkan nilai 90% untuk sisi ahli materi, dan 88,9% untuk siswa SBK Bina Anak Bangsa, sehingga aplikasi CAI pengenalan hewan berdasarkan klasifikasi makanan untuk anak berkebutuhan khusus dirasa telah sesuai dengan tujuan dalam memenuhi target pembelajaran.


Keywords


Computer Assisted Instruction (CAI); Anak Berkebutuhan Khusus (ABK); Tutorial; Games; Pengenalan Hewan; Klasifikasi Makanan

Full Text:

PDF

References


F. Mangunsong, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jilid I. Jakarta: LPSP3UI, 2009.

M. Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

N. Sudjana and A. Rivai, Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.

I. Jong, N. Prihartini, and T. Tursina, “Aplikasi Computer Assisted Instruction (CAI) Crafting Interior Rumah Bagi Anak Usia Dini,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, p. 1, 2017.

N. Maulida, H. Anra, and H. S. Pratiwi, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, p. 26, 2018.

B. S. Bachri, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif,†Teknol. Pendidik., 2010.

E. W. Heward, Exceptional Children, An Introduction to Special Education. New Jersey: New Jersey: Merrill, Prentice Hall, 2009.

C. R. Semiawan and F. Mangunsong, Keluarbiasaan Ganda (Twice Exceptionality): Mengeksplorasi, Mengenal, Mengidentifikasi, dan Menanganinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

S. B. Thalib, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana, 2017.

M. S. Sutikno and P. Fathurrohman, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama, 2010.

H. M. Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya, 2012.

A. Azhar, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada, 2008.

C. Riyana, Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI, 2007.

M. E. Porter and A. Maulana, Strategi Bersaing. Tanggerang: Karisma Publishing Group, 2008.

S. Ahmad, “Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,†Biomass Chem Eng, 2013.

Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

S. Padmanthara, “PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER (PBK) dan MANFAAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN,†TEKNO, 2004.

Rusman, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

F. F. M. Sibarani, T. Tursina, and A. Perwitasari, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Nama Pahlawan Indonesia berbasis Computer Assisted Instruction (CAI),†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, p. 88, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i1.35787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License