Aplikasi Pengolahan Data Statistik Sektoral pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat

Dara Nadinda, Heri Priyanto, Hafiz Muhardi

Abstract


Penelitian ini menjelaskan bagaimana membangun aplikasi pengolahan data statistik sektoral yang bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah dan mempublikasikan data statistik sektoral dilingkungan pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Statistik sektoral sebagai data yang digunakan dalam penelitian merupakan jenis statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan. Instansi pemerintah yang dimaksud adalah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat, khususnya Seksi Statistik pada Bidang Persandian dan Statistik. Namun dalam proses pengumpulan data statistik sektoral yang diperlukan mengalami beberapa kendala, khususnya memakan terlalu banyak waktu. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka dirancanglah Aplikasi Pengolahan Data Statistik Sektoral pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat. Data statistik sektoral yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 70 baris data. Pengujian menggunakan metode Black-Box mendapatkan hasil bahwa implementasi dan fungsi aplikasi telah bekerja dengan baik sesuai dengan perancangan. Pengujian yang dilakukan dengan cara wawancara untuk menguji tingkat penerimaan pengguna atau user acceptance testing yang dilakukan kepada kepala seksi statistik, bidang persandian dan statistik, Dinas Komunikasi dan Informatika provinsi Kalimantan Barat menyatakan bahwa aplikasi yang dibangun telah sesuai dengan yang diharapkan.


Keywords


data statistik sektoral; instansi pemerintahan provinsi; organisasi perangkat daerah; metode black-box; user acceptance testing

Full Text:

PDF

References


Sari, Yunita Rizki Intan dan Sulistiadi, Yunarso Anang. 2013. Prototipe Sistem Aplikasi Capi Data Kor Susenas. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

Kumase, Rivani. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Pelaporan Dana Alokasi Khusus Berbasis Web (Studi Kasus : BAPPEDA Provinsi Sulawesi Utara). Skripsi. Universitas Katolik De La Salle Manado.

Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik. 2009. Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah Daerah. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Almuqsitu, Abang Boni, Tursina, dan Sukamto, Anggi Srimurdianti. Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Pelanggan PDAM Tirta Kapuas Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN). Vol. 7, No. 1, pp. 13-19, 2019.

Agusvianto, Hendra. Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang (Studi Kasus : PT. Alayisis Sidoarjo). Journal Information Engineering and Educational Technology. Vol. 1, No. 1, pp. 40-46, 2017.

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi SisteMatika.

Indrajani. 2015. Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung : INFORMATIKA.

Madcoms. 2016. Sukses Membangun Toko Online dengan PHP & MySQL. Yogyakarta: Andi.

Solichin, Achmad. 2016. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta : Budi Luhur.

Hidayatullah, Priyanto, dan Kawistara, Jauhari Khairul. 2017. Pemrograman WEB. Bandung. Informatika Bandung.

Aminudin. 2015. Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Yogyakarta: Lokomedia.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., dan Rahmadi, H. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. 1, No. 3, pp. 31-36, 2015.

Prasetya, Irwan Adhi, Tursina, dan Safriadi, Novi. Penerapan Visual Novel Dari Cerita Rakyat Asal Usul Kota Pontianak. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN). Vol. 1, No. 1, pp. 1-5, 2015.

(2019) SIRUSA (Sistem Informasi Rujukan Statistik) website [Online]. Available: https://sirusa.bps.go.id/sirusa/

Pragestu, Steven, Sujaini Herry, dan Negara, A. B. P. Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem Pengenalan Gedung Universitas Tanjungpura. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN). Vol. 1, No. 2, pp. 122-127, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i2.31997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

ara komputer
View My Stats

Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License