Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Website pada SMP Negeri 16 Pontianak

Dhea Arista Putri, M. Azhar Irwansyah, Enda Esyudha Pratama

Abstract


Rapor adalah laporan oleh guru mengenai kemajuan atau hasil belajar siswa selama masa tertentu.  Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan hasil belajar siswa yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Pengolahan nilai rapor siswa adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian karena didalamnya terdapat banyak sekali data yang harus diolah. Dalam hal ini, sistem pengolahan nilai rapor di sekolah SMP Negeri 16 Pontianak yang sedang berjalan saat ini yaitu setiap guru mata pelajaran menginputkan nilai-nilai siswa yang diampunya dengan mengubah data yang ada sebelumnya menjadi data baru yang nantinya akan diolah. Kemudian, data yang telah diinputkan oleh setiap guru mata pelajaran tersebut diserahkan ke bagian staf. Kemudian staf mengolah lagi data nilai-nilai siswa tersebut untuk menjadi rapor yang pada akhirnya akan dicetak sehingga proses untuk menjadi rapor terjadi double working karena data antar guru dan staf tidak tersinkronisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi pengolahan nilai rapor berbasis website yang didalamnya dapat memanajemen seluruh data-data siswa, guru, nilai harian, nilai tugas, nilai ulangan tengah semester, nilai ulangan akhir semester, dan sebagainya. Metode yang digunakan yaitu dengan metode waterfall dimana hal ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Pengujian yang dilakukan terhadap sistem dengan metode UAT (User Acceptance Test). Dari hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) yang telah dilakukan menunjukan sistem informasi berjalan dengan sangat baik sesuai fungsinya dan dapat diimplementasikan pada SMP Negeri 16 Pontianak.

Keywords


Rapor; Pengolahan Nilai; Sistem; Website; SMP Negeri 16; User Acceptance Test (UAT)

Full Text:

PDF

References


Asmoro, Achmad Shoddiq Bayu. 2018. Perbandingan Kinerja Hasil Seleksi Fitur pada Prediksi Kinerja Akademik Siswa Berbasis Pohon Keputusan, Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol. 4 No. 2. Universitas Negeri Malang.

Sarwindah. 2018. Sistem Informasi KHS AKPER berbasis Website Menggunakan Model UML. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Vol. 6, No. 2. Sistem Informasi, STMIK Atma Luhur

Jogiyanto. 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Zainuroqib. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Prabowo, Wahyu Setyo dan Candra Agustina, 2013. Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Purworejo. Yogyakarta: AMIK BSI.

Mas’ud, Ibnu, 2009. Sistem Informasi Nilai Akademik Siswa Berbasis Web. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Suryabrata, Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Retnawati, H. 2015. Hambatan guru matematika sekolah menengah pertama dalam menerapkan kurikulum baru. Cakrawala Pendidikan, XXXIV (3).

Leitch, Robert A. dan Davis K. Roscoe. 1983. Accounting Information Systems, New Jersey: Prentice Hall..

Perry, William E. 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd Edition.Wiley Publishing, Inc. Indianapolis Indiana.

Lewis, W. E., 2009. Software Testing and Continuous Quality Improvement. Ketiga ed. Boca Raton: CRC Press.

Black NJ, Lockett A, Ennrw C, Winklhofer H, McKechnie S (2002). “Modelling consumer choice of distribution channels: an ilustration from financial service Int. J. Bank Mark. 20 (4): 161-173.

Pressman, R. S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: Andi Offset.

Ladjamudin, Al Bahra Bin. 2005 Analisis dan Desain Sistem Informasi Tangerang: Graha Ilmu.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam All in 1, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i4.30921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License