Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat Berbasis Web

Ari Riyadi, Helfi Nasution, Enda Esyudha Pratama

Abstract


Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat merupakan suatu organisasi olahraga tenis meja yang berwenang mengkoordinasi dan membina setiap dan seluruh kegiatan olahraga tenis meja diseluruh wilayah hukum provinsi Kalimantan Barat. Selama ini diketahui organisasi tersebut masih mengalami kesulitan dalam pengolahan data dan penyajian informasi, seperti data atlet, data klub, data pengurus, data inventaris/aset. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi digitalisasi/otomasi untuk membantu pengolahan data dan penyajian informasi yang lebih efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan profesionalisme kinerja pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem aplikasi pengolahan data pada PTMSI Kalimantan Barat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpanan data. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Black Box dan kuesioner yang diberikan kepada 15 responden, dari hasil pengujian Black Box menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Dari hasil pengujian kuesioner penggunaan aplikasi dihitung menggunakan metode mencari interval persentase skala likert didapatkan persentase dengan total 95,00% dan pengujian perbandingan didapatkan persentase dengan total 100,00%. Hal ini berarti responden menyatakan setuju bahwa sistem aplikasi pengolahan data pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat berbasis web yang dibangun dapat membantu, mempermudah, mendukung dan dapat mengatasi masalah terkait pengolahan data dan penyajian informasi pada Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalimantan Barat.

Keywords


Sistem Informasi; Aplikasi Pengolahan Data; Metode Black Box; Tenis Meja; Website PTMSI Kalimantan Barat

Full Text:

PDF

References


Bandi Utama, dkk. 2004. Kemampuan bermain Tenis Meja Studi Korelasi Antara Kelincahan dan Kemampuan Pukulan dengan Kemampuan Bermain Tenis Meja. Laporan Penelitian. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Darie, C. 2006. AJAX and PHP Building Responsive Web Applications. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

Hidayat Rahmat, Setiawan Reza. 2017. Perancangan Aplikasi Pemetaan Sarana Olahraga (PSO) Berbasis Website dan Selular Sebagai Informasi untuk Memetakan Sarana Olahraga. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol. 3, No. 1, (2017). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20133.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Hodges, Larry. 2007. Step to Success Tenis Meja Tingkat Pemula. (Eri D Nasution. Terjemahan). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Leman. 1998. Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Peranginangin, Kasiman. 2006. Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Pohan, Husni Iskandar & Bahri, Kusnassriyanto Saiful. 1997. Pengantar Perancangan Sistem. Jakarta : Erlangga.

Pressman, Roger S. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi 7. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Putra Dimitri I, Negara Arif Bijaksana P, Nyoto Rudy Dwi. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Kriminal Berbasis Web pada Bagian Pembinaan Operasional Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Barat (Bagbinopsnal Ditreskrimum Polda Kalbar). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 5, No. 4, (2017). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/21380.

Robbins, Stephen P. 1994. Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Alih Bahasa Jusuf Udaya.

Sandi, Tio. 2014. Pembangunan Aplikasi Mobile Untuk Mengetahui Informasi Klub-Klub Tenis Meja di Kota Bandung dan Kejuaraan Tenis Meja Berbasis Lokasi Pada Platform Android (Studi Kasus PTMSI Kota Bandung). Bandung : Tio Sandi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia.

Sandy, Arry. 2015. Website Penjadwalan Sistem Pertandingan Tenis Meja. Yogyakarta : Arry Sandy, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyanto, Edy. 2005. Macam-Macam Testing Sistem Informasi. Semarang : Edy Supriyanto, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank

Turban, Rainer and Potter. 2006. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.

Wahyono, Teguh. 2004. Sistem Informasi (konsep dasar, Analisis dan Implementasi). Yogyakarta : Garaha Ilmu.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Yourdon, Edward. 1989. Modern Structured Analysis. New Jersey : Prentice-Hall International Inc., Englewood Cliffs.

Wagimin, Nasution Helfi, Safriadi Novi. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Sertifikasi Pegawai Berbasis Web pada PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 5, No. 3, (2017). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/justin/article/view/20922.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i2.29217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License