Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan dan Pengawasan Guru Kontrak Kabupaten Ketapang

Fahreza Andika, Yus Sholva, Haried Novriando

Abstract


Guru kontrak adalah karyawan non-asn yang diangkat oleh pemerintah daerah setempat guna melengkapi kebutuhan guru yang dinyatakan kurang di suatu sekolah. Selama ini pengadaan guru kontrak khususnya di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat masih dilaksanakan dengan sistem manual sehingga dirasa kurang efektif jika dilihat dari proses pelaksanaannya, yang mana mulai dari proses penyebaran informasi, proses pelamaran serta verifikasi berkas masih cukup menyulitkan berbegai pihak yang terlibat. Selain itu terdapat pula masalah yang kerap terjadi terkait guru kontrak yang mengajar namun tidak mentaati aturan, sehingga dirasa sulit dalam proses pengambilan tindakan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan suatu media atau sistem informasi yang dapat membantu dalam proses pengadaan guru kontrak dan pengawasan yang bersifat pelaporan dari sekolah untuk dinas pendidikan selaku penanggung jawab guru kontrak di Kabupaten Ketapang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi untuk penerimaan dan melakukan pengawasan terhadap guru kontrak yang ada di Kabupaten Ketapang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpan data terkait pelamar, guru kontrak, sekolah, dinas pendidikan dan Pemerintahan Kabupaten Ketapang selaku penyelenggara proses penerimaan guru kontrak. Pengujian dilakukan dengan metode black box dan aspek funcional suitability yang dilakukan oleh 1 (satu) responden. Dari hasil pengujian black box menyatakan bahwa aplikasi sudah berjalan seperti yang diharapkan, dimana aplikasi mampu menampilkan keluaran yang sesuai dengan masukan pengguna. Dari hasil aspek functional suitability didapat nilai mendekati 1 (satu) yang berarti seluruh halaman yang dinyatakan baik oleh responden. Dengan hasil dari dua perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Penerimaan dan Pengawasan Guru Kontrak Kabupaten Ketapang yang dibangun dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam proses penerimaan dan pengawasan guru kontak.


Keywords


Sistem Informasi; Guru Kontrak; Metode Blackbox; Functional Suitability

Full Text:

PDF

References


U. Rahman, Perancangan Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Karyawan Outsourcing Di PT. Infomedia Solusi Humanika. Bandung: STMIK LPKIA, 2013.

S. N. Cahyono, Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Baru Berbasis Web Pada PT. YKK Zipper Indonesia. Jakarta: Universitas Gunadarma, 2012.

A. Erwan, Pengantar SIstem Informasi Manajemen. Jakarta: Bina Alumni Indonesia, 2000.

T. D. Muhyuzir, Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2001.

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

H. Nawawi, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2003.

Meldona. Manajemen Sumber Daya manusia; Prespektif Integratif. Malang: UIN-Malang Press, 2009.

R. G. Terry, Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

M. M. Simbolon, Dasar-Dasar Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Ghalia, 2004.

O’Brien dan Marakas. Management Information Systems.Ninth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin, 2009.

A. M. Rudianto, Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2011.

J. L. Whitten, L. D. Bentley dan K. C. Dittman, Metode Desain dan Analisis Sistem, Edisi 6. Yogyakarta: McGraw-Hill, 2004.

R. S. Pressman, Software Engineering : a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill, 2010.

Z. Ahkamiyati, Pengembangan dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir Skripsi Online untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Teknik Informatika FT UNY. Yogyakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

I. H. Pohan dan K. S. Bahri, Pengantar Perancangan Sistem. Jakarta: Erlangga, 1997.

L. Fernando, “Rancang Bangun Sistem Informasi Konferensi Nasional Aptikom Provinsi Kalimantan Barat Berbasis Web,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 6, No. 3, pp. 104 – 107, Juli 2018.

P. Noviandhiny, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan dan Pembelian Berbasis Web Pada Neofarma Sanggau,” Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol. 6, No. 3, pp. 125 – 130, Juli 2018.

Leman, Metodelogi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 1998.

T. Dwiputri, “Sistem Informasi Manajemen Limbah Untuk Simbiosis Usaha Tani dan Ternak,”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol. 3, No. 2, pp. 82 – 88, Desember 2017.

M. Z. Lestari, “Sistem Informasi Piutang pada Unit Pengelolaan Keuangan Desa (UPKD) Model Desa Prima Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah,” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), Vol. 3, No. 2, pp. 142 – 151, Desember 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i2.28960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License