Sistem Informasi Pengelolaan Zakat Profesi pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bogor

Fintri Indriyani, Abdullah Guntur Wahyu

Abstract


Zakat sebagaimana kebutuhan pokok bagi umat islam yang harus dipenuhi agar harta yang dimiliki bersih dan berkah. Zakat profesi merupakan salah satu dari jenis zakat yang wajib dikeluarkan oleh pegawai apabila telah mencapai nishabnya.  Badan Amil Zakat Nasional Kab. Bogor adalah lembaga yang mengelola zakat bagi masyarakat Bogor yang saat ini masih menerima secara langsung dana dari para muzakki dan petugas masih melakukan pencatatan secara manual sehingga data yang ada menumpuk dan kurang terorganisir dengan baik, selain itu para muzaki harus menyempatkan waktunya untuk melakukan kewajibannya berzakat. Sistem Informasi pengelolaan zakat profesi ini dibuat dengan metode waterfall dan pengujian web menggunakan metode blackbox testing. Pembuatan system informasi ini bertujuan agar memudahkan muzaki dan pengelola serta meningkatkan kepercayaan mereka terhadap BAZNAS. Dengan penerapan system informasi ini muzaki menjadi mudah untuk menyalurkan zakat profesinya, dan menambah kepercayaan karena adanya transparansi dari laporan penyaluran zakat.

Keywords


Sistem Informasi; Pembayaran Zakat; Website; Zakat Profesi; BAZNAS

Full Text:

PDF

References


A. P. Dwipratama, Sistem Infromasi Manajemen Zakat, Infaq dan Sedekah Pada Badan Amil Zakat Nasional. 2011.

A. Mukhlis and S. Beik, “Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepatuhan Membayar Zakat : Studi Kasus Kabupaten Bogor Analysis of Factors Affecting Compliance Level of Paying Zakat : A Case Study in Bogor Regency,” vol. I, no. 1, pp. 83–106, 2013.

R. A. dan M. S. Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan berorientasi objek. Informatika Bandung, 2014.

P. P. Widodo and Herlawati, Menggunakan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2011.

S. Tjandra and C. Pickerling, “Aplikasi Metode-Metode Software Testing pada Configuration, Compatibility dan Usability Perangkat Lunak,” 2015.

U. Marzuki, Kiat Mudah Zakat. Bogor: Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bogor, 2015.

A. I. Gufroni, I. Wisandani, and H. Sukmawati, “Sistem Informasi Unit Pengumpul Zakat Terintegrasi ( Studi Kasus : BAZNAS Kota Tasikmalaya ),” Jnteti, vol. 3, no. 4, pp. 236–241, 2014.

A. D. Indriyanti, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolahan Zakat Personal Berbasis Web PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAHAN ZAKAT PERSONAL BERBASIS WEB,” Inov. J. Ilm. Inov. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 80–91, 2017.

Anofrizen and L. I. Wati, “Siak,” Jurna l Rakayasa Dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i4.28081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License