Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Barang Sejarah pada Istana Kadriah Kota Pontianak

Nuning Ditya Putri, Hengky Anra, Anggi Perwitasari

Abstract


Istana Kadriah saat ini dijadikan museum yang dibuka untuk umum. Penyampaian informasi tentang barang-barang peninggalan yang ada di Istana Kadriah masih dilakukan secara manual, yaitu pemandu wisata masih memberikan informasi secara lisan dikarenakan belum adanya informasi yang tertera pada setiap barang peninggalan yang ada. Kurangnya pemandu wisata pada saat pengunjung ramai membuat wisatawan kesulitan dalam mendapatkan informasi. Satu diantaranya wisatawan asing yang datang masih membawa kamus pribadi untuk mendapatkan informasi secara jelas, dan terdapat barang yang tidak dapat dilihat secara langsung dikarenakan terkunci didalam sebuah ruangan. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu membantu wisatawan mendapatkan informasi melalui perangkat Android berdasarakan User Acceptance Test, dimana aplikasi mendapatkan nilai 1.427 yang berarti aplikasi berhasil dan aplikasi dapat berjalan pada smartphone Android dengan sistem operasi 4.4 (KitKat) hingga versi 8.0 (Oreo) berdasarkan pengujian kompatibilitas.

Keywords


Android; Augmented Reality; Barang Sejarah; Istana Kadriah; Marker

Full Text:

PDF

References


Kurpytė, D., & Navakauskas, D. (2014). An efficiency analysis of augmented reality marker recognition algorithm. Electrical, Control and Communication Engineering, 5(1), 54-60.

Youllia, I. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia menggunakan Metode Augmented Reality (AR). Jurnal Itena Library, vol 4-4, 8.

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 42-48.

Developers, A. (2011). What is android.

Wahdayo, A., & Sudarma, S. (2012). Tip Trik Android untuk Pengguna Tablet dan Handphone. Jakarta: Penerbit Mediakita.

Creighton, R. H. (2010). Unity 3D game development by example: A Seat-of-your-pants manual for building fun, groovy little games quickly. Packt Publishing Ltd.

Roedavan, & Rickman. (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika Bandung.

Meslilesi, M. I., Anra, H., & Pratiwi, H. S. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Virus Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma (Studi Kasus : Sma Negeri 7 Pontianak). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 16.

Bell, D. (2004). UML Basics: The class diagram. IBM.[Online] IBM, 15(09).

Salahudin. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

R.A, S., & Shalahudin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Dalam S. R.A., & M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (hal. 141, 155 & 165). Bandung: Informatika.

Swain, S. K., Mohapatra, D. P., & Mall, R. (2010). Test case generation based on use case and sequence diagram. International Journal of Software Engineering, 3(2), 21-52.

Vianita, R., Srimurdianti Sukamto, A., & Perwitasari, A. (2017). Aplikasi Kotak Saran Digital Di Rumah Sakit Berbasis Android. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5(4), 179.

Koch, C., Neges, M., König, M., & Abramovici, M. (2014, January). Performance study on natural marker detection for augmented reality supported facility maintenance. In Australasian Journal of Construction Economics and Building-Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 23-34).

Ganesh, K., Mohapatra, S., Anbuudayasankar, S. P., & Sivakumar, P. (2014). User Acceptance Test. In Enterprise Resource Planning (pp. 123-127). Springer, Cham.

Allen, I. E., & Seaman, C. A. (2007). Likert scales and data analyses. Quality progress, 40(7), 64-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i1.27185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License