Sistem Informasi Geografis (SIG) Pondok Pesantren di Sumatera Barat

Rahimullaily Rahimullaily, Heru Saputra, Mustika Yani Putri

Abstract


Berdasarkan survei yang dilakukan pada Juli 2017 bahwa data yang dimiliki oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, pondok pesantren yang ada di Sumatera Barat Tahun Pengajaran 2016/2017 berjumlah 211 lembaga. Saat ini informasi mengenai Pondok Pesantren terdapat pada website Education Management Informasion System (EMIS) dengan akses http://emispendis.kemenag.go.id. Namun dari website tersebut masyarakat hanya dapat informasi mengenai jumlah pondok pesantrennya saja sehingga masyarakat tidak mengetahui bagaimana situasi lingkungan yang ada pada pondok pesantren baik itu berupa peta, nama, nomor telepon, foto dan informasi-informasi lainnya. Untuk itu dilakukan penelitian guna memberikan solusi bagi masyarakat dan juga pihak Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat dalam melayani masyarakat terkait informasi pondok pesantren. Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Geografis (SIG) pondok pesantren. Metode penelitian yang dilakukan yaitu pengamatan, mewawancarai dan memberikan beberapa pertanyaan kepada Kepala sub bagian Informasi dan Humas (INMAS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, penelitian laboratorium, dan penerapan Object Oriented Development Life Cycle (OODLC). SIG yang akan dibangun ini dikembangkan dengan kerangka website HTML, dengan bahasa pemrograman (Javascript dan PHP), MySql sebagai basis data dan Google Maps API.


Keywords


Pondok Pesantren; WEB; Sistem Informasi Geografis (SIG); MySql; Google Maps API

Full Text:

PDF

References


E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika) edisi Revisi. 2014.

I.Q.K. Dewi, K.I. Satoto, I.P. Windasari. Sistem Informasi Geografis Lokasi Lembaga Pendidikan Berbasis Islam (RA s.d Pesantren) di Kabupaten Cilacap. “Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer” Volume 4, Nomor 1, Januari 2016, Halaman 17-25..

Kemendikbud, “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” [Online]. Available: https://www.kbbi.web.id.

Furqan, Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya. Padang: UNP Press, 2016.

Eddy Prahasta, Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika) edisi Revisi. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i2.25417

Refbacks



Copyright (c) 2018 JustIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License