Sistem Informasi Kehadiran Dosen dan Mahasiswa Menggunakan Sidik Jari pada Program Studi Informatika Universitas Tanjungpura

Agus Prasetyo Raharjo, Arif Bijaksana Putra Negara, Novi Safriadi

Abstract


Sistem informasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang baik akan tercapai apabila didukung dengan kehadiran yang dapat dimonitoring dan dapat diolah secara otomatis. Proses presensi yang sudah ada di Program studi informatika Universitas Tanjungpura belum dapat dimonitoring atau masih secara manual khususnya seperti presensi mahasiswa. Presensi dalam proses perkuliahan dapat didukung dengan menggunakan alat presensi kehadiran berupa fingerprint scanner agar proses presensi dapat diolah secara otomatis. Fingerprint Scanner adalah perangkat otentikasi yang menggunakan identitas biometric dari penggunanya. Alat yang digunakan dapat dihubungkan dengan antar muka website terhadap data yang telah disimpan dari fingerprint scanner. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text) dan terkoneksi dalam satu jaringan. Website yang digunakan untuk menampilkan informasi kehadiran mahasiswa dan dosen terhadap jadwal matakuliah. Penelitian ini Menghasilkan sistem informasi yang dapat membantu program studi dalam pelaksanaan monitoring perkuliahan serta membantu dosen dalam mengevaluasi kehadiran mahasiswa. Penelitian ini menggunakan tiga pengujian yaitu black box, kuisoner validitas dan kuisoner reabilitas. Pengujian kuisoner bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari sistem yang dibuat. Pengujian validitas kuesioner pada penelitian ini menggunakan koefisien korelasi Pearson. Pertanyaan dinyatakan valid jika nilai korelasi Pearson lebih besar dari nilai rtabel, dan jika sebaliknya maka pertanyaan dinyatakan tidak valid. Pengujian reliabilitas kuesioner ini menggunakan metode Cronbach’s Alpha untuk mengukur kestabilan dan konsistensi responden dalam menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa pengujian yang dilakukan aplikasi dapat dimonitring dengan baik dan pengujian kusioner dinilai positif dan berhasil.


Keywords


Sistem informasi; Proses presensi; Fingerprint scanner; Website; Pengujian Kuisoner

Full Text:

PDF

References


Kriyan Andika Jaya, “Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah”, JustIN Vol. 6, No. 1, (2018).

M. Arief, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql, Yogyakarta: ANDI, 2011.

Muhammad Hari Mardiansyah “Rancang Bangun Aplikasi Pemantauan Kehadiran Dosen Dan Mahasiswa Pada Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar (Apk) Berbasis Web” 2017.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Penerbit GRAHA ILMU.

R. Hidayat and R. Setiawan, "Perancangan Aplikasi Pemetaan Sarana Olahraga (PSO) Berbasis Website dan Selular Sebagai Informasi untuk Memetakan Sarana Olahraga," (JEPIN), Vol 3, No 1,p. 6, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i2.24384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License