Rancang Bangun Aplikasi Pelaporan TAMAT (Tanya Camat) untuk Wilayah Kecamatan Pontianak Barat Berbasis Android

Muhammad Iqbal Asyrafi, Arif Bijaksana Putra Negara, Rudy Dwi Nyoto

Abstract


Kota Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang terbagi atas enam kecamatan salah satunya adalah wilayah kecamatan Pontianak Barat. Wilayah Pontianak barat dengan luas 16,94 km persegi dikelola oleh seorang Camat. Tugas Pokok Camat adalah melaksanakan penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota di wilayahnya. Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Camat mempunyai fungsi pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, pengkoordinasian penerapan dan penegakkan peraturan perundangundangan, pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitasi pelayanan umum dan pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya. Dengan wilayah yang cukup luas dan tugas pokok dan fungsi camat seperti diuraikan sebelumnya. Camat memerlukan sebuah sistem penyampaian laporan seperti pengaduan, kritik dan saran ke pihak camat. Penyampaian pengaduan, informasi, kritik, dan saran lebih mudah diakses jika disajikan dalam sebuah perangkat lunak yang bisa dibawa kemana saja. Sehingga proses pengaduan, pemberian informasi, kritik dan saran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini dibuat sistem berbasis android yang dapat menjembatani penyampaian pengaduan, pemberian informasi, kritik dan saran kepada pihak camat. Berdasarkan hasil pengujian, fitur laporkan dan lihat laporan dapat berjalan dengan baik pada perangkat mobile android dengan minimal sistem operasi android 5.0 (Lollipop). Berdasarkan hasil kuisioner menggunakan skala Likert’s Summated Rating (LSR) diperoleh nilai total 585 yang berarti aplikasi ini diimplementasikan dengan sangat baik.

Keywords


Android; Kecamatan Pontianak Barat; Sistem Penyampaian Laporan

Full Text:

PDF

References


Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Sekeretarian Negara. Jakarta.

Rosa, Sukamto, Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Supardi, Yuniar. 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer Android. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Vianita, Risa. 2017. Aplikasi Kotak Saran Digital Di Rimah Sakit Berbasis Android. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 5, No. 4, 2017.

Mauludin, Risqi. 2017. Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Pontianak, Indonesia: Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 3, No. 2, ISSN 2460-7041, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i2.24312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License