Augmented Reality Peta Informasi Jalan di Kota Pontianak

Arifin Sidiq Tunggal Guntur, Anggi Srimurdianti Sukamto, Hafiz Muhardi

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi informasi, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat dimanfaatkan sebagai media informasi termasuk peta informasi jalan di Kota Pontianak. Hal ini dikarenakan peta informasi di Kota Pontianak masih menggunakan media konvensional seperti papan informasi yang terdapat di beberapa titik seperti di Jalan Jendral Urip, Jalan Sultan Abdurrahman, dan Jalan Gajah mada. Dengan minimnya informasi yang disampaikan membuat pengunjung atau tourist local maupun mancanegara kurang terbantu sehingga mengurangi ketertarikan untuk melihat peta informasi tersebut. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi, dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media informasi yang mampu membuat pengguna tertarik menggunakannya. Pada penelitian ini digunakan Game Engine UNITY untuk membangun aplikasi berbasis Android serta Vuforia SDK agar aplikasi yang dibangun dapat menjadi aplikasi berteknologi Augmented Reality. Aplikasi dapat menampilkan visualisasi objek 3D seperti Peta Informasi, Objek Rumah Ibadah, Tempat Wisata, dan Ikon Kota Pontianak. Berdasarkan pengujian kompabilitas, aplikasi ini sudah berjalan dengan baik pada perangkat mobile Android, mulai dari Android versi 4.2.0 (Jelly Beans) hingga Android versi 7.0 (Nougat).  Dari hasil pengujian UAT dan Usability, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan aplikasi sebagai media informasi, serta penggunaan aplikasi yang dibangun mudah digunakan.


Keywords


Alat Indra Manusia; Augmented Reality; Metode Marker

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. 2017, Oktober 2. https://kalbar.bps.go.id/pressrelease/2017/10/02/612/kunjungan-wisatawan-mancanegara--wisman--yang-datang-ke-kalimantan-barat-agustus-2017-mencapai-3-924-kunjungan-.html. Diakses pada tanggal 10 November 2017.

Pamoedji, Andre Kurniawan. Maryuni, Ridwan Sanjaya. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Pragestu, Steven. 2015. Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem Pengenalan Gedung Universitas Tanjungpura. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, Vol.1-2 h.8, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Pressman, R.S. (2010), Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.

Haryanto, Tonny (2017). Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Pembeahan Sel Dalam Mata Pelajaran Biologi. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Vol.1, No. 2, 2017

Wahadyo, Agus dan Sudarma, S. 2012. Tip Trik Android untuk Pengguna Tablet & Handphone. Mediakita: Jakarta Selatan




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v7i4.24255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License