Case Based Reasoning dalam Menentukan Titik Indikasi Gangguan Jin untuk Ruqyah Menggunakan Similaritas Braun-blanquet

Wahyu Trihadi Saputra, Tursina Tursina, Yulianti Yulianti

Abstract


Ruqyah syar’iyyah adalah bacaan yang terdiri dari ayat-ayat Al-Qur`an dan hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam yang shahih, untuk memohon kesembuhan kepada Allah dari gangguan yang ada. Tata cara ruqyah yaitu meletakkan tangan pada bagian badan yang dirasakan sakit kemudian mengucapkan bacaan ruqyah. Seiring dengan bertambahnya pengalaman dalam melakukan ruqyah, baik ruqyah diri sendiri maupun orang lain. Praktisi ruqyah dapat memanfaatkan pengalaman dalam melakukan ruqyah untuk membantu menentukan titik indikasi gangguan jin pada tubuh pasien. Gejala yang dirasakan dibagi menjadi dua jenis, yaitu gejala fisik dan gejala psikis. Pengalaman tersebut dikumpulkan menjadi basis kasus, sehingga sangat memungkinkan untuk dibuat sistem penalaran berbasis kasus atau Case Based Reasoning (CBR). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem CBR yang dapat menentukan titik indikasi gangguan jin pada tubuh manusia. Proses CBR melalui 4 tahap yaitu Retrieve, Reuse, Revise dan Retain. Hal yang terpenting dalam CBR adalah menentukan nilai kemiripan atau similaritas antara kasus-kasus yang tersimpan di basis kasus dengan kasus baru yang akan dicari solusinya. Perhitungan similaritas kasus pada penelitian ini dilakukan dengan metode Braun-blanquet (B-b). Sistem pada penelitian ini dibatasi khusus kasus pada bagian kepala. Berdasarkan hasil pengujian validasi membandingkan hasil diagnosis pakar dengan hasil diagnosis sistem terhadap 65 data kasus, terdapat 53 kasus yang sesuai. Dengan demikian tingkat keberhasilan sistem adalah 81,54%.


Keywords


Case Based Reasoning; Ruqyah; Similaritas; Braun-Blanquet

Full Text:

PDF

References


Tim Darul Haq. 2016. Panduan Praktis Ruqyah Sesuai dengan al-Qur-an & as-Sunnah. Jakarta: Darul Haq

Al Mubarak, Husain & Bukhari Abdul Muid. 2015. Sembuh dengan Ruqyah. Depok: Hilal Media

Tursina, 2012. Case-Based Reasoning untuk Diagnosa Penyakit Respirologi Anak Menggunakan Similaritas Simple Matching Coefficient.

JMC, Jimmy. 2015. https://www.jmc.co.id/blog/detail/Saatnya- Untuk-Memilih-Desktop-Based-atau-Web-Based-Pada-Sistem-Berskala-Besar

Luthfi, Emha Taufiq. 2010. Penerapan Case Based Reasoning Dalam Mendukung Penyelesaian Kasus. Yogyakarta

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Annisa. 2017. Diagnosis Kerusakan Komputer Menggunakan Metode Similarity Jaccard Coefficient. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) Vol. 1, No. 2, 2017.

Tursina. 2016. Prediksi Proses Persalinan Menggunakan Case Based Reasoning. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) Vol. 2, No. 1, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i2.24103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License