Implementasi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Biologi untuk Pengenalan Alat Indra Manusia dengan Menggunakan Metode Marker

Andini Afriyati Lestari, Rudy Dwi Nyoto, Anggi Srimurdianti Sukamto

Abstract


Mempresentasikan alat indra berserta fungsi dan bagiannya secara virtual tiga dimensi sangatlah diperlukan dalam proses pembelajaran khususnya Alat Indra Manusia. Untuk itu penerapan teknologi Augmented Reality dibidang multimedia diharapkan dapat dijadikan sebagai media belajar interaktif baru untuk guru dan siswa. Pada penelitian ini aplikasi berbasis augmented reality yang dibuat yaitu dengan metode marker dimana menggunakan suatu penanda untuk pendeteksian objek dalam menggabungkan dunia digital dan dunia nyata. Terdapat 5marker yang menjadi penanda untuk menampilkan animasi dan objek 3D serta informasi dari alat indra manusia, informasi yang disampaikan meliputi suara dan teks yang mampu membuat aplikasi menjadi interaktif. Aplikasi ini bermanfaat bagi siswa SMA yang mempelajari Alat Indra Manusia. Dari hasil persentase pada pengujian  pre test dan post test untuk kenaikan nilai kelompok siswa yang belajar menggunakan buku mata pelajaran biologi diperoleh persentase kenaikan sebesar 27,84%, sedangkan untuk kelompok siswa yang belajar menggunakan aplikasi Augmented Reality Alat Indra diperoleh persentase kenaikan sebesar 34,30%yang berarti kelompok siswayang belajar menggunakan aplikasi Augmented Reality Alat Indra memiliki persentase kenaikan nilai yang lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar menggunakan buku mata pelajaran biologi. Dari perhitungan persentase kenaikan nilai dapat disimpulkan bahwa, Augmented Reality dapat diterapkan sebagai media pembelajaran Alat Indra Manusia.

Keywords


Alat Indra Manusia; Augmented Reality; Metode Marker

Full Text:

PDF

References


Azuma, Ronald T .1997. A survey of Augmented Reality. Presence 6.4

Chari, V. Singh, J.M., dan Narayanan, P.J. 2008. Augmented reality using oversegmentation. Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology.

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan Uml (Unifed Modelling Language). Jurnal Informatika Mulawarman Vol 6.

Pragestu, Steven. 2015. Implementasi Augmented Reality dengan Memanfaatkan GPS Based Tracking pada Sistem Pengenalan Gedung Universitas Tanjungpura. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, Vol.1-2 h.8, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Purnomo, Sudjino, Trijoko, Suwarno Hadisusanto. 2009. BIOLOGI kelas XI untuk SMA dan MA. Jakarta: Intan Pariwara.

Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Supardi, Yuniar. 2011. Semua Bisa Menjadi Programmer Android. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Haryanto, Tonny (2017). Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Pembeahan Sel Dalam Mata Pelajaran Biologi. Pontianak, Indonesia: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Vol.1, No. 2, 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i1.23740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License