Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini

Nurul Maulida, Hengky Anra, Helen Sasty Pratiwi

Abstract


Pada Anak usia dini umur 0-6 tahun berada di masa peka. Masa seluruh potensi dapat dikembangkan secara optimal  dalam aspek fisik, bahasa, kognitif. Kemampuan membaca berhubungan aktivitas membaca, pada anak usia dini membaca membutuhkan berbagai stimulasi. Stimulasi diberikan melalui media pembelajaran dalam pengenalan makhluk hidup yang  disekitar. Aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). CAI atau pembelajaran berbantuan komputer merupakan pengembangan dari teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra (image) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi yang memanfaatkan teknologi multimedia dengan konsep CAI untuk anak usia dini dalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (penelitian dan pengembangan) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji ke efektifan produk.  Hasil yang didapatkan dari uji coba dan validasi menggunakan skala guttman dari sisi materi dengan nilai koefisien reabilitas = 1 dan koefisien skalabilitas 1 , dari sisi multimedia nilai koefisien reabilitas =1 dan koefisien skalabilitas 1, dari sisi CAI  nilai koefisien reabilitas = 1 dan koefisien skalabilitas 1, yang berarti aplikasi ini layak menjadi media pembelajaran dan sudah memenuhi sebagai kriteria aplikasi CAI berbasis multimedia yang ditunjukan untuk anak usia dini dengan usia 5-6 dalam mengenal hewan dengan konsep tutorial dan game.


Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini; Bahasa; Computer Assisted Instruction (CAI); Research and Developmen; Skala Guttman

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Ramli, M. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Bachri, B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-kanak, Teknik dan Prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Nana Sudjana, A. R. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Yuniarti, F. P. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Meteri Pembiakan Virus. Unnes Journal of Biology Education .

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilana, R. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i1.23726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License