Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Kinerja Aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah

Kriyan Andika Jaya, Novi Safriadi, Anggi Perwitasari

Abstract


Proses pengawasan dan evaluasi disuatu instansi pemerintah khususnya di Kejaksaan Negeri Mempawah merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dalam proses pelaksanaannya sistem monitoring dan evaluasi kinerja aparatur di Kejaksaan Negeri Mempawah masih menggunakan sistem konvensional, yaitu dengan memantau kembali berkas-berkas pendukung dalam proses monitoring dan evaluasi yang menyebabkan proses menjadi tidak efektif dan efisien.  Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi untuk memudahkan proses pengawasan dan evaluasi kinerja aparatur dalam penanganan berkas perkara. Pada penelitian ini aplikasi yang dibuat berbasis android yang dilengkapi dengan fitur notifikasi dan pengingat untuk membantu proses monitoring dan evaluasi. Alat dalam perancangan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modeling Language dan Entity Relationship Diagram, dan pengujian sistem yang dilakukan menggunakan metode Black Box dan kuesioner terhadap 10 orang pengguna aplikasi yang terdiri dari 5 orang dari petugas bagian Pidana Umum dan 5 orang dari petugas bagian Pidana Khusus didapat nilai kuesioner 651 dari nilai maksimum 750, yang berada pada range positif dengan persentase 86,8%, hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berjalan dengan baik. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengawasan dan evaluasi kinerja aparatur. 


Keywords


Android; Monitoring dan Evaluasi; Kejaksaan Negeri Mempawah; Notifikasi

Full Text:

PDF

References


Wiliam N Dunn, Pengantar Analisis Kebijakan Publik (terjemahan), Yogyakarta: Universitas Gajahmada, 2000.

M. Arief, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql, Yogyakarta: ANDI, 2011.

R. Hidayat and R. Setiawan, "Perancangan Aplikasi Pemetaan Sarana Olahraga (PSO) Berbasis Website dan Selular Sebagai Informasi untuk Memetakan Sarana Olahraga," (JEPIN), Vol 3, No 1,p. 6, 2017.

A. Prabowo, Tutorial 5 Hari Membangun GUI dengan Java Netbeans 6.5, Yogyakarta: ANDI, 2010.

JSON, “Introducing JSON,†1999. [Online]. Available: http://www.json.org. [Diakses 12 Juli 2017].

H. N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet, Bandung: Informatika, 2012.

J. F. DiMarzio, Android: A Programmer's Guide, New York: McGraw-Hill, 2008.

I. Muhammad, "Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android untuk Mendukung Kinerja di Intansi Pemerintah," (JUSTIN) Vol 4, No 1, p. 2, 2015.

D. Android, “Mengenal Android Studio,†2013. [Online]. Available: https://developer.android.com/studio/intro/index.html?hl=id. [Diakses 12 April 2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/justin.v6i1.23314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN)

ara komputer View My Stats
Creative Commons License
All article in Justin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License